Makna Ta'aruf di Kalangan Remaja Perspektif Hukum Islam (studi terhadap mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Ponorogo)

Wulan, Sri (2023) Makna Ta'aruf di Kalangan Remaja Perspektif Hukum Islam (studi terhadap mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI WULAN FIXXX WR (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Wulan, Sri. 2023: Makna Ta'aruf di Kalangan Remaja Perspektif Hukum Islam (Studi Terhadap Mahasiswa Fakiltas Tarbiyah IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam (ahwal syakhshiyyah), Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rif'ah Roihanah, S.H., M. Kn.
Kata Kunci/keyword: Ta'aruf, Mahaaiswa, Hukum Islam
Ta'aruf adalah sebuah proses pengenalan calon mempelai wanita dan calon mempelai pria sebelum melakukan akad nikah. Ta'aruf berbeda dengan pacaran. Keduanya saling bertentangan. Pacaran tidak dibenarkan dalam syariat, sedangkan ta'aruf disunnahkan bagi yang sudah siap menikah. Seseorang yang melakukan ta'aruf tetapi tidak melakukan apa yang disyariatkan dan sebaliknya melakukan yang tidak disyariatkan, maka seseorang tersebut belum bisa dikatakan ta'aruf. Sementara itu dalam perspekti hukum Islam mengatur hal-hal apa saja yang dibolehkan dan yang tidak diperbolehkan ketika seseorang melakukan ta'aruf.
Berdasarkan pengamatan dari latar belakang peneliti merumuskan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap konsep ta'aruf di kalangan mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap urgensi ta'aruf sebelum pernikahan di kalangan mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo?

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:43
Last Modified: 13 Jun 2023 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item View Item