Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Hutang Piutang Dalam Jual Beli Sayur Matang Di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten PonorogO

Sulistiyowati, Anisa (2023) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Hutang Piutang Dalam Jual Beli Sayur Matang Di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten PonorogO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210216036_Anisa Sulistiyowati_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sulistiyowati, Anisa, 2023. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Hutang Piutang Dalam Jual Beli Sayur Matang di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Prinsip Etika Bisnis Islam
Etika bisnis Islam adalah serangkaian aktivitas bisnis dalam berbagai bentuknya (yang tidak dibatasi), namun dibatasi dalam cara perolehan dan pendayaan hartanya (ada aturan halal dan haram). Dalam arti lain etika bisnis berarti seperangkat prinsip dan norma dimana para pelaku usaha bisnis harus komit padanya dalam berinteraksi, berperilaku, dan berelasi guna mencapai tujuan-tujuan bisnisnya dengan selamat. Jual beli sayur matang adalah jenis usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia setiap harinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam terhadap hutang piutang sayur matang di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penyebab penundaan pembayaran hutang piutang dalam perdagangan sayur matang di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya.
Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa, pertama, bahwa jual beli yang dilakukan dalam perdagangan sayur matang di Desa Mlarak Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo tersebut telah memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Kedua, bahwa dalam penyebab penundaan pembayaran hutang piutang tersebut adalah karena terdapat beberapa alasan yang mendesak sehingga membuat si pembeli yang berhutang tidak bisa membayar hutangnya dengan tepat waktu atau sesuai waktu yang telah ditentukan. Dan dalam penyebab penundaan pembayaran hutang piutang dalam jual beli sayur matang ini sudah dibenarkan semua sehingga sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:10
Last Modified: 13 Jun 2023 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item