Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Kartu Aksi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Febrianti, Rizki Dinar (2023) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Kartu Aksi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210037_RIZKI DINAR FEBRIANTI_MUHAMMAD TOYIB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh zaman sekarang yang semuanya bisa dilakukan dengan serba digital, dalam meningkatkan kedisiplinan siswa perlu diterapkan sistem informasi manajemen untuk membantu lembaga sekolah mencapai tujuan pendidikan menjadi lebih baik yang dimulai dari kedisiplinan siswa. Di antara permasalahan kedisiplinan yang ada pada pendidikan di Indonesia ialah perilaku-perilaku siswa yang menyimpang, misalnya semangat belajar yang semakin hari semakin menurun, kemerosotan moral, membolos pada saat jam pelajaran masih berlangsung. Oleh karena itu ada perkembangan era baru dunia pendidikan, yaitu diperlukannya reformasi pendidikanyang berkaitan erat dengan sistem informasi yang dibutuhkan dalam pengembangandunia pendidikan. Konsep ini memiliki nuansa bagaimana dunia pendidikan berusaha menggunakan perangkat komputer, yang dapat diaplikasikan sebagai sarana komunikasi untuk meningkatkan kinerja dunia pendidikan secara signifikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Perencanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) Pelaksanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (3) Implikasi sistem informasi manajemen melalui kartu aksi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teorinya Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo melalui beberapa tahapan, yang mana dalam pengolahan data perlu adanya data diri siswa yang diperoleh melalui pengisian formulir, lalu dilanjut dengan melakukan foto untuk data diri dan id card aksi. Kemudian dari bagian admin baru mengolah data yang ada dan dimasukan ke dalam aplikasi aksi, yang mana akan menghasilkan suatu kemudahan dalam menertibkan siswa. Mulai dari pelaksanaan izin, skor pelanggaran hingga prestasi yang telah diraih dapat dilihat pada rekapan kartu aksi. (2) Pelaksanaan sistem informasi manajemen melalui kartu aksi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogodisini dapat dilakukan oleh seluruh pendidik dan tenaga pendidik yang ada di lingkungan MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dengan cara menskor bagi siswa yang melanggar peraturan dan tidak disiplin. Kartu aksi dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, karena dengan adanya peraturan dan skor yang diberikan siswa akan lebih berhati-hati dalam bertindak. (3) Implikasi adanya pelaksanaan kartu aksiuntuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo ialah siswa dapat merasa bertanggungjawab dan disiplin terhadap perilaku yang akan dilaksanakan. Karena disini fungsi dari kartu aksi ialah membantu meningkatkan kedisiplinan siswa, dalam segala kegiatan yang ada di madrasah secara keseluruhan kartu aksi wajib dibawa dan akan menjadi tolak ukur siswa dalam berperilaku disiplin.

ABSTRACT

The background of this research is that nowadays everything can be done digitally,in order to improve student discipline it is necessary to apply a management information system to help school institutions achieve better educational goals starting from student discipline. Among the disciplinary problems that exist in education in Indonesia are student behaviors that deviate, for example the enthusiasm for learning is decreasing day by day, moral decline, truancy during class hours is still ongoing. Therefore, there is the development of a new era in the world of education, namely the need for educational reforms that are closely related to the information system needed in the development of the world of education. This concept has the nuances of how the world of education tries to use computer devices, which can be applied as a means of communication to significantly improve the performance of the world of education.
The purpose of this research is to describe and analyze (1) Management information system planning through action cards in improving student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) Implementation of management information systems through action cards in improving student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (3) Implications management information system through action cards in improving student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
This study uses a type of qualitative research. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. While data analysis uses the theory of Miles, Huberman and Saldana namely data condensation, data presentation and drawing conclusions.
The results of this study are (1) Management information system planning through action cards to improve student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo through several stages, which in data processing requires students personal data obtained through filling out forms, then followed by taking photos for the data self and id card action. Then from the new admin section to process the existing data and put it into the action application, which will produce an ease in controlling students. Starting from the implementation of permits, the score of violations to the achievements that have been achieved can be seen in the action card summary(2) Implementation of a management information system through action cards to improve student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo here can be carried out by all educators and teaching staff within the MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo environment by scoring students who break the rules and are not disciplined. Action cards in practice can improve student discipline, because with the rules and scores given students will be more careful in their actions. (3) The implication of implementing action cards to improve student discipline at MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo is that students can feel responsible and disciplined for the behavior to be implemented. Because here the function of the action card is to help improve student discipline, in all activities in the madrasa as a whole the action card must be brought and will be a benchmark for students in disciplinary behavior.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Toyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:12
Last Modified: 13 Jun 2023 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24302

Actions (login required)

View Item View Item