Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Mater Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2022/2023

Hanifah, Mufti Rosyidatul (2023) Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Mater Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190269_MUFTI ROSYIDATUL HANIFAH_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hanifah, Mufti Rosyidatul. 2023. Pengaruh Gaya Belajar Visual terhadap Kemampuan Analisis Materi Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Weni Tria Anugrah Putri, M. Pd.
Kata Kunci : Gaya Belajar Visual, Kemampuan Analisis, Pembagian.
Gaya belajar visual merupakan gaya belajar dengan cara melihat, mengamati, memandang, dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar ini terletak pada indera penglihatan. Bagi orang yang memiliki gaya ini, mata adalah alat yang paling peka untuk menangkap setiap gejala atau stimulus belajar. Sesuai dengan pengamatan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan gaya belajar visual dimiliki oleh 15 peserta didik dari 20 peserta didik (75% peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan). Hal ini juga berdampak terhadap kemampuan analisis peserta didik dalam materi pembagian. Dari 75% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual peserta didik yang memiliki kemampuan analisis sangat tinggi ada 53% (8 pesesrta didik), tinggi 33% (5 peserta didik), dan rendah ada 13% (2 peserta didik). Oleh karena itu peserta didik yang memiliki gaya belajar visual madrasah menerapkan pembelajaran yang sesuai agar kemampuan analisis yang dimiliki peserta didik semakin meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan analisis materi pembagian kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengisian kuisioner, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar kuisioner gaya belajar visual dan lembar tes kemampuan analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar visual (X) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis materi pembagian peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah. Terlihat thitung (-2, 027) < ttabel (2,16) yang berarti gaya belajar visual tidak mempengaruhi kemampuan analisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:13
Last Modified: 13 Jun 2023 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

View Item View Item