Analisis Pesan Dakwah Toleransi dalam Buku Tuhan ada di Hatimu (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Arwinda, Kiki (2023) Analisis Pesan Dakwah Toleransi dalam Buku Tuhan ada di Hatimu (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI KIKI E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Husein Ja’far Al-Hadar hadir dengan gagasannya yang menyejukkan di tengah situasi radikalisme keberagamaan yang saling memperebutkan klaim kebenaran dan saling menyalah-nyalahkan, salah satu hasil gagasannya ialah buku Tuhan Ada di Hatimu. Yang unik dari buku ini adalah meskipun muatan isinya cukup berat tapi Husein Ja’far Al-Hadar berhasil membawakannya dengan baik sehingga cukup ringan untuk difahami pembaca.
Rumusan masalah skripsi ini yakni (1) Bagaimana teks wacana pesan dakwah toleransi dalam buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar? (2) Bagaimana kognisi sosial Habib Husein Ja’far Al-Hadar dalam memproduksi buku Tuhan Ada di Hatimu? (3) Bagaimana konteks sosial yang berkembang di masyarakat tentang nilai toleransi.
Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, analisis teks wacana pesan dakwah toleransi dalam buku Tuhan Ada di Hatimu terdapat tiga aspek dengan enam elemen. Aspek pertama struktur makro buku Tuhan Ada di Hatimu adalah Nilai Toleransi. Aspek kedua superstruktur diawali dengan pandangan bahwa jangan menjadi Muslim yang Sontoloyo apalagi Khawarij. Dalam Islam sendiri perbedaan pendapat adalah suatu rahmat karena dengan perbedaan pendapat khazanah Islam menjadi kaya. Aspek ketiga, struktur mikro dengan empat elemen. Elemen semantik menjelaskan latar (yakni tidak sepantasnya seorang muslim yang ibadahnya bertambah namun akhlaknya tidak menjadi baik), maksud (memberikan pencerahan bagaimana menjadi Islam dan menjadi muslim yang ideal menurut Habib Husein Ja’far Al-Hadar melihat dan menelaah dari para nabi, sahabat, dan para ulama terdahulu), dan praanggapan (yakni Islam adalah agama yang bijak, indah dan asyik). Elemen sintaksis menggunakan bentuk kalimat campuran (kalimat aktif dan kalimat pasif), koherensi bersifat kausalitas dengan kata hubung “sebab”, dan kata ganti yang cenderung menggunakan kata ganti orang pertama “kita”. Elemen stilistik melalui kalimat menjadi Muslim jangan Sontoloyo apalagi Khawarij sebagai contoh Muslim yang tidak boleh ditiru. Elemen retoris disampaikan dengan metafora (melebih-lebihkan) dan grafis (menggunakan penekanan melalui tanda seru). Kedua, analisis kognisi sosial yang mempengaruhi Husein Ja’far Al-Hadar dalam menulis buku Tuhan Ada di Hatimu yaitu nilai yang diajarkan orang tua dan juga dari buku-buku sehingga memiliki pemikiran yang terbuka. Ketiga, analisis konteks sosial meliputi dua faktor, yaitu praktik kekuasaan dan akses yang mempengaruhi wacana nilai toleransi masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyud
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:59
Last Modified: 13 Jun 2023 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item View Item