MANAJEMEN ORGANISASI PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI PONOROGO)

Syarifah, Syarifah (2023) MANAJEMEN ORGANISASI PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190172_SYARIFAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syarifah, 2023. “Manajemen Organisasi Pesantren dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Santri di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo.” Skripsi, jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi, Dr. Muhammad Toyyib, M.Pd
Kata Kunci: Pondok pesantren, Entrepreneurship, Jiwa Entrepreneurship, Santri.
Saat ini pondok pesantren tidak hanya berfokus pada Pendidikan dan pengembangan santri dalam bidang keagamaan, namun sudah banyak pondok pesantren yang berani menggembangkan potensi dengan membekali santrinya dalam berbagai keterampilan untuk memberikan bekal kepada santri Ketika nanti sudah terjun bermasyarakat bisa terampil dan berinovasi dalam berbagai keadaan, terutama dalam kondisi sosial yang membutuhkan lapangan pekerjaan untuk memebuhi kebutuhan hidup. Setiap pondok pesantren memiliki cara dan strategi masing-masing dalam memberikan keterampilan kepada santrinya. Salah satunya dalam bidang entrepreneursip, bahkan sudah banyak pesantren yang telah mengembangkan pelatihan-pelatihan yang bisa menumbuhkan jiwa-jiwa entreprenership secara lebih professional. Pondok pesantren dituntut untuk bisa melahirkan individu-individu yang memiliki kreativitas, berani, dan mampu menghadapi berbagai persoalan-persoalan baru dalam masyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Perencanaan organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri, 2) Pelaksanaan organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri, 3) Evaluasi organisasi Pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri yang berada di pondok pesantren Al-Iman Putri Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus, dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, orservasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara pada penelitian antara lain pimpinan pondok pesantren Al-Iman putri, pengasuhan santri, kepala unit usaha, ustad-ustadzah yang terlibat. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepeneurship santri yaitu: 1) Perencanaan organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri yaitu dengan adanya sinergi antara ketua Yayasan, pondok pesantren, pengasuhan santri dan unit usaha 2) Pelaksanaan organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri dengan dibentuknya OSPI (Organisasi Santri Pondok Pesantren Al-Iman) yang menjadi pengurus sekaligus magang di unit usaha selama kurang lebih 1 tahun, 3) Evaluasi organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri berupa nilai dan sertifikat dari hasil laporan akhir tahun berupa penulisan buku keuangan serta peningkatan unit usaha. Adapun hasil evaluasi dalam manajemen organisasi pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri yaitu: 1) Instropeksi diri dala tubuh organisasi menjadi lebih baik 2) Lebih strategis menyasar kebutuhan dan konsumsi santri 3) pelayanan menjadi lebih baik lagi 4) Muncul Program yang lebih baik dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD THOYIB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 12:10
Last Modified: 12 Jun 2023 12:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24288

Actions (login required)

View Item View Item