IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS XI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JETIS)

ZAHRO, AFIFDA AULIA (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS XI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JETIS). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190004_AFIFDA AULIA ZAHR0_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zahro, Afifda Aulia. 2023. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI kelas XI (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Jetis). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Berpikir Kritis, Pembelajaran PAI
Pendidikan merupakan dunia yang sangat penting bagi manusia. Melalui Lembaga sekolah memiliki peran penting dalam penanaman budaya dan karakter pada siswa. Melalui pembelajaran siswa dapat mengenal dan memahami kebutuhan mereka akan informasi. Salah satunya dengan melalui kegitan literasi dengan membaca yang berujung pada kemmapuan berpikir kritis dan memahami informasi. Namun kesadaran siswa akan budaya masih kurang dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI masih kurang maksima. Salah satunya terdapat program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), melalui kegiatan GLS dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis dan beradaptasi serta berinovasi untuk menjawab tantangan siswa dalam pemahaman pelajaran akademik maupun non akademik tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menjelaskan pelaksanaan Gerakan Literasi di SMA Negeri 1 Jetis, (2) menjelaskan Gerakan literasi sekolah dalam perkembangan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis, (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan Gerakan Literasi Sekolah.
Pada data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data disajikan dalam bentuk kata-kata serta dokumen. Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI serta siswa kelas XI. Sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di SMA Negeri 1 Jetis: (1) telah melakukan program Gerakan Literasi Sekolah berdasarkan tahap pembiasaan dilakukan literasi audio 15 menit yang dilakukan 2 minggu sekali dan pembiasaan literasi 15 menit pada jam pertama. Tahap penekanan focus pada kemmapuan membaca, menulis memahami, menyimah dan mengembangkan berpikir kritis. Tahap pembelajaran berhubungan langsung pada kegiatan pembelajaran di kelas. (2) siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI Melalui Gerakan literasi sekolah ini dapat membuat mereka percaya diri karena mempunyai pengetahuan dan pemehaman melalui membaca dan menulis. (3) faktor pendukung yakni adanya SDM, perpustakaan, mading dan spiker audio, faktor penghambat yakni kurangnya minat siswa dalam membaca dan perpustakaan yang tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 12:08
Last Modified: 12 Jun 2023 12:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24286

Actions (login required)

View Item View Item