..(SILAKAN UPLOAD FILE SKRIPSI/TESIS DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbantuan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas II MIN 6 Ponorgo

Safitri, Rizky Nadya (2023) ..(SILAKAN UPLOAD FILE SKRIPSI/TESIS DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbantuan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas II MIN 6 Ponorgo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
EXECUTIVE SUMMARY 203190297 RIZKY NADYA SAFITRI.docx

Download (322kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas II Al-Quddus MIN 6 Ponorogo dilatar belakangi oleh minimnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia, model pembelajaran bersifat konvensional; abstrak dan tidak sesuai kebutuhan perkembangan peserta didik, tidak ada media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar, dan rendahnya minat belajar bahasa Indonesia. Solusi atas probelamtika tersebut adalah dengan menghadirkan model pembelajaran sekaligus media pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berbicara. Model pembelajaran tersebut adalah SAVI berbantuan media wayang kertas. Model SAVI mewujudkan pembelajaran yang aktif dan kreatif, media wayang kertas mewujudkan kegiatan belajar yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media Wayang Kertas dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada materi fabel (2) peningkatan keterampilan berbicara pada materi fabel dalam penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) berbantuan media wayang kertas. Penelitian ini dirancang dengan menggnakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran SAVI yang di dalamnya termuat tahap persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil berbantuan media wayang kertas dapat meningakatkan keterampilan berbicara peserta didik; (2) peningkatan pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas adalah 49, kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI berbantuan media wayang kertas pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 59,21, pada tahap siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,05, dan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80, pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 12:06
Last Modified: 12 Jun 2023 12:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item View Item