Kesalahan Ejaan Berdasarkan Kaidah Kebahasaan dalam Kalimat Jawaban Siswa Kelas V MI Ma'arif Polorejo, Ponorogo

Nurkumalasari, Ulfa (2023) Kesalahan Ejaan Berdasarkan Kaidah Kebahasaan dalam Kalimat Jawaban Siswa Kelas V MI Ma'arif Polorejo, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190114_ULFA NURKUMALASARI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurkumalasari, Ulfa. 2023. Kesalahan Ejaan Berdasarkan Kaidah Kebahasaan dalam Kalimat Jawaban Siswa Kelas V MI Ma’arif Polorejo, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Kesalahan Ejaan, Kaidah Kebahasaan, Kalimat Jawaban Siswa

Bahasa merupakan jantung komunikasi atau dengan kata lain menjadi elemen pokok dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa juga merupakan bagian dari kebudayaan sehingga di sisi lain juga disebut sebagai identitas dari mana seseorang berasal. Karena bahasa merupakan jantung komunikasi, maka keterampilan berbahasa perlu sekali dikuasai oleh pengguna bahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang penting dikuasai adalah keterampilan menulis. Seringkali dalam menulis, siswa melakukan kesalahan ejaan dalam tulisannya. Oleh karena itu, analisis kesalahan ejaan penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesalahan dan sebagai upaya untuk koreksi diri bagi siswa agar tidak terjadi kesalahan yang sama pada waktu berikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan penggunaan huruf dalam kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan MI Ma’arif Polorejo; (2) kesalahan penulisan kata dalam kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan MI Ma’arif Polorejo; dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca dalam kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Sumber data berasal dari lembar jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan MI Ma’arif Polorejo dalam menjawab lima soal uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan konsep milik Tarigan dengan tahapan (1) mengumpulkan sampel, (2) menemukan kesalahan, (3) menjelaskan kesalahan, (4) mengklasifikasikan kesalahan, dan (5) mengevaluasi kesalahan.
Hasil peneltian menyatakan (1) kesalahan penggunaan huruf pada kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan terjadi sebanyak 4 jenis kesalahan yang meliputi, a) huruf kapital tidak digunakan sebagai huruf pertama awal kalimat, b) huruf kapital digunakan sebagai nama jenis, c) huruf kapital tidak digunakan sebagai huruf pertama nama geografi, dan d) huruf kapital tidak digunakan sebagai kata penunjuk hubungan kekerabatan atau kata sapaan. (2) kesalahan penulisan kata pada kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan terhitung sejumlah 7 jenis kesalahan, yang meliputi, a) kata dasar yang tidak ditulis secara mandiri, b) kata berimbuhan yang tidak ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya, c) kata bentuk ulang yang tidak ditulis menggunakan tanda hubung, d) kata depan yang tidak ditulis secara terpisah, e) kata ganti -nya yang ditulis secara terpisah dengan kata yang mendahuluinya, f) singkatan kata, dan g) salah tulis atau tipo. (3) kesalahan pemakaian tanda baca pada kalimat jawaban siswa kelas V Utsman bin Affan ditemukan sebanyak 3 jenis kesalahan yang meliputi, a) tanda titik yang tidak dipakai di akhir kalimat pernyataan, b) tanda koma yang tidak dipakai di antara unsur-unsur perincian kata, dan c) tanda hubung tidak digunakan untuk menyambung unsur bentuk ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:32
Last Modified: 12 Jun 2023 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24283

Actions (login required)

View Item View Item