Penggunaan Facebook terhadap Interaksi Sosial Ibu-Ibu Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Azizah, Maulidah Humairotul (2023) Penggunaan Facebook terhadap Interaksi Sosial Ibu-Ibu Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
penggunaan facebook terhadap interaksi sosial.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya ketertarikan peneliti pada pengaruh Facebook terhadap perilaku interaksi sosial orang tua. Penulis akan berfokus untuk melakukan analisis mengenai pengaruh facebook terhadap perilaku interaksi sosial ibu-ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan facebook mempengaruhi interaksi sosial ibu PKK. Interaksi sosial merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, khususnya bagi ibu PKK yang memegang peran sebagai pemimpin masyarakat. Dalam era digital saat ini, facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini akan menggunakan metode survei dengan responden ibu PKK yang aktif menggunakan facebook sebagai media sosial. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi penting bagi ibu PKK dalam menentukan pola penggunaan facebook yang tepat untuk memelihara interaksi sosial yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas ibu-ibu PKK sebagai responden adalah kelompok aktif menggunakan facebook. Pengaruh dari penggunaan facebook juga cukup signifikan. Dalam penelitian ini ada dua jenis responden. Yaitu pengguna dan non pengguna facebook dari kalangan ibu-ibu. Dari wawancara dan pengamatan langsung dapat disimpulkan bahwa penggunaan facebook sangat memiliki pengaruh bagi penggunanya. Lebih luasnya akses informasi dan koneksi sosial begitu sebaliknya bagi non pengguna facebook adanya hambatan yang dirasa.
Kata Kunci: Facebook, Interaksi Sosial, Ibu-ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:39
Last Modified: 13 Jun 2023 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24279

Actions (login required)

View Item View Item