Peran Guru dalam Menanamkan Kecerdasan Sosial dan Spiritual Siswa Kelas V di MIN 1 Ponorogo

Lestari, Diana Dwi (2023) Peran Guru dalam Menanamkan Kecerdasan Sosial dan Spiritual Siswa Kelas V di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190031_DIANA DWI LESTARI_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dwi Lestari, Diana. 2023. Peran Guru dalam Menanamkan Kecerdasan Sosial dan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas V di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarrani, M. Pd.

Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Spiritual

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan yaitu menciptakan generasi penerus yang berkualitas baik secara intelektual, sosial maupun spiritual serta membantu perkembangan siswa untuk mencapai tujuan hidup. Banyak persoalan yang berdampak signifikan apabila siswa tidak memiliki kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual. Upaya penanaman kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual dilaksanakan pada dunia pendidikan kepada peserta didik, sehingga kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual bukan hanya terbentuk, namun juga tertanam dalam jiwa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan kecerdasan sosial dan spiritual siswa kelas V di MIN 1 Ponorogo, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual siswa kelas V di MIN 1 Ponorogo dan (3) mengetahui dampak penanaman kecerdasan sosial dan spiritual bagi siswa kelas V di MIN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN 1 Ponorogo dengan subjek informan guru kelas V Ibnu Sahl dan siswa kelas V Ibnu Sahl. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa di MIN 1 Ponorogo: (1) peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan kecerdasan sosial dan spiritual siswa kelas V adalah dengan membiasakan pola pembiasaan, menjadi teladan yang baik dan adanya sanksi atau reward. Selain itu, dengan menjadi teladan spiritual yang baik, membantu merumuskan misi hidup siswa, menumbuhkan kebiasaan spiritual dalam kehidupan sehari-hari, menceritakan kisah-kisah Agung, memberikan keyakinan bahwa Allah selalu memperhatikan; (2) faktor pendukung dalam menanamkan kecerdasan sosial dan spiritual ada pada lingkungan sekolah dan masyarakat, sedangkan faktor penghambat berasal dari internal siswa dan faktor keluarga; (3) dampak penanaman kecerdasan sosial dan spiritual bagi siswa adalah siswa menjadi terbiasa berbicara dengan sopan santun kepada orang lain, berani berpendapat, bergaul dengan semua teman, terbiasa berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, melaksanakan sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah dan berperilaku baik dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:45
Last Modified: 12 Jun 2023 08:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24273

Actions (login required)

View Item View Item