Penerapan Metode Course Review Horay dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Nabila, Diah Ayu Noviatul Fasa (2023) Penerapan Metode Course Review Horay dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190057-DIAH AYU NOVIATUL FASA NABILA-PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nabila, Diah Ayu Noviatul Fasa. 2023. Penerapan Metode Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII Smp Ma’arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’subaidi, M. Ag.
Kata Kunci: Metode Course Review Horay, hasil belajar, SKI
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ma‘arif 5 Ponorogo pada mata pelajaran SKI. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, rata-rata hasil tes belajar siswa pada pra siklus penelitian yakni sebesar 66,363 yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran SKI dengan menerapkan metode pembelajaran Course Review Horay.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo sebelum diterapkannya metode Course Review Horay, (2) Mengetahui penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran SKI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo setelah diterapkannya metode Course Review Horay.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Ma‘arif 5 Ponorogo yang berjumlah 11 orang, dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Tahapan itu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,363, (2) Pada tahapan siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya sebesar 76,363, (3) Selanjutnya pada tahapan siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 87,272 dari siklus I dengan persentase hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 90,909% dan siswa yang belum tuntas sebesar 9,090%. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa dari tahapan pra siklus sampai siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII SMP Ma‘arif 5 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:15
Last Modified: 12 Jun 2023 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24271

Actions (login required)

View Item View Item