Penerapan Metode Number Head Together pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Kualitas Karakter dalam Membentuk Personal Branding Siswa Kelas VII D SMPN 1 Sambit

Nurdiana, Whan (2023) Penerapan Metode Number Head Together pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Kualitas Karakter dalam Membentuk Personal Branding Siswa Kelas VII D SMPN 1 Sambit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190472 WHAN NURDIANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang saat ini terjadi pada generasi muda yakni minimnya pemahaman bahwa setiap manusia harus mampu melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik guna meningkatkan kualitas karakter meliputi akhlak mulia dan pengembangan potensi diri. Hal ini mengakibatkan terbangunnya personal branding mereka menjadi terhambat. Seperti yang saat ini terjadi pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Sambit. Dari data yang telah peneliti kumpulkan, bahwasanya mayoritas peserta didik kelas VII D belum mampu memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri. Dalam konteks ini, peserta didik dinilai belum mampu bersikap baik pada orang lain disekitarnya. Mereka tidak memikirkan terlebih dahulu dampak apa yang akan ditimbulkan dari perbuatan dan ucapannya. Sikap yang tidak mencermikan karakter yang baik, tentunya dapat menjadi penghambat terbangunnya personal branding pada diri peserta didik. Permasalahan ini menjadi sangat penting untuk diteliti karena personal branding dianggap sebagai alat utama dalam meraih kesuksesan generasi muda di masa depan sekaligus dapat membuka jalan bagi setiap orang untuk terus mengembangkan potensi yang mereka miliki dalam rangka menciptakan manusia yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karakter peserta didik baik dri segi perilaku maupun softskill mencakup kemampuan dalam berdiskusi, berpikir kritis, public speaking dan percaya diri. Dari penerapan model belajar kooperatif tipe Number Head Together, peserta didik akan mudah memahami materi bukan hanya secara teori saja, akan tetapi dalam bentuk implementasi dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan deskripsi kualitatif yang terdiri dari 3 siklus secara sistematis dan terencana terlaksana melalui 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengukuran dan penilaian karakter peserta didik menggunkan metode Thick Description (Deskripsi Tebal) yang mana peneliti mengamati, memaknai serta mendeskripsikan karakter peserta didik dan peningkatannya dalam setiap siklusnya.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan karaktrer yang dibuktikan dengan perilaku peserta didik yang berubah menjadi lebih baik dengan mampu berintrospeksi dan mawas diri dalam perkataan maupun tindakan yang dilakukan serta softskill seperti kemampuan berinteraksi, berdiskusi, berpikir kritis, public speaking dan percaya diri melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together sehingga personal branding mereka akan terbangun melalui peningkatan kualitas karakter ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:16
Last Modified: 12 Jun 2023 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24270

Actions (login required)

View Item View Item