Edukasi Bankziska Ponorogo untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah pada Kelompok Al-Gharimin

Naini, Wasis Nur (2023) Edukasi Bankziska Ponorogo untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah pada Kelompok Al-Gharimin. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501210033 WASIS NUR NAINI MAGISTER EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi keuangan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola sumber daya keuangan secara efektif untuk mencapai kesejahteraan dan kestabilan ekonomi. Berkaitan dengan literasi keuangan ini, jika merujuk dari data yang ditunjukan oleh OJK, masyarakat Indonesia masih tergolong rendah tingkat literasi keuangannya, terlebih dalam tingkat literasi keuangan syariah. Pasalnya menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, menunjukan bahwa tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Indonesia masih di angka 12,12%. Dengan tingkat literasi keuangan syariah yang sangat rendah tersebut berimplikasi pada keputusan-keputusan menyangkut keuangan. Sehingga dalam banyak kasus masyarakat masih cenderung rentan dalam membuat keputusan keuangan, seperti misalnya tidak sedikit masyarakat memutuskan meminjam kepada rentenir atau lintah darat untuk permodalan usaha mereka. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk mengembangkan usaha dan mencapai kestabilan ekonomi, sebab sudah terjerat hutang dengan bunga yang tinggi, memberatkan, dan mengandung unsur riba. Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang Bankziska membuat program edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan syariah pada kelompok yang terjerat hutang (Al-Ghârimîn).
Pada penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan Peneliti, yakni menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada pihak Bankziska Ponorogo (Manajer, Karyawan, Relawan, dan Mitra). Sedangkan dalam prose menganalisis data peneliti menggunakan metode induktif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan edukasi Bankziska Ponorogo, faktor-faktor pendukung dan penghambat, dan implikasi atau dampaknya terhadap peningkatan literasi keuangan syariah pada Kelompok Al-Ghârimîn.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan edukasi Bankziska untuk meningkatkan literasi keuangan syariah pada kelompok Al-Ghârimîn dilakukan melalui beberapa program kegiatan seperti: pengajian secara berkala, pengajian dan sosialisasi saat pencairan, program literasi keuangan syariah melalui media massa. Faktor penghambat program edukasi tersebut diantaranya, terbatasnya materi edukasi dan sumber dana Bankziska, sedangkan faktor pendukungnya diantaranya, Edukasi dapat dilaksanakan secara sistematis dan terukur, Adanya kerjasama kolaboratif dengan BMT Hasanah, Adanya peran dari relawan Bankziska. Kemudian dampak dari program edukasi Bankziska tersebut memiliki pengaruh terhdapa perilaku dan pemberdayaan ekonomi kelompok Al-Ghârimîn.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:20
Last Modified: 12 Jun 2023 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item