Strategi Penghimpunan Dana Ziswaf Melalui Teknologi Digital Di Yayasan Nur Rosyidah Magetan

Rahayu, Sherly Marno (2023) Strategi Penghimpunan Dana Ziswaf Melalui Teknologi Digital Di Yayasan Nur Rosyidah Magetan. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
TESIS SHERLY MARNO RAHAYU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lembaga funding di Yayasan Nur Rosyidah merupakan lembaga ziswaf yang berada dibawah naungan Yayasan Nur Rosyidah Magetan. Lembaga ini selalu berinovasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan penghimpunan dananya dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu cara dalam penghimpunan dana dari para donatur. Meskipun usianya yang baru menginjak diusia ke-9 tahun namun, peningkatan sarana dan prasarana begitu pesat hal ini disebabkan karena penggunaan penghimpunan dana secara digital. Melalui teknologi digital ini lembaga funding mempromosikan, mempresentasikan dan melaporkan seluruh produk ziswaf serta hasil penghimpunannya.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung dengan pihak pengelola Lembaga Funding Yayasan Nur Rosyidah, Ketua lembaga Funding, Keuangan Funding, Program Funding dan Marketing funding. Mengumpulkan informasi berupa data, foto, dan dokumen lainnya. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode induktif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penghimpunan dana melalui teknologi digital, kelebihan dan kekurangan penghimpunan dana dan untuk mengetahui implikasi dari penghimpunan dana menggunakan teknologi digital di Yayasan Nur Rosyidah.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola yang diterapkan di lembaga funding Yayasan Nur Rosyidah adalah metode penghimpunan dana secara tidak langsung (Indirect Fundraising) yang berfokus pada 5 crowdfunding yaitu, iklan berbayar, iklan tidak berbayar, video dan flyer, whatsapp dan email direct. Kelebihan dari penggunan digital ini adalah hemat biaya dan waktu, kekurangannya adalah ketergantungan dengan teknologi, feedback negatif dari konsumen, persaingan ketat dan ketidaksinkronan data. Implikasi dari penghimpunan dana menggunakan teknologi digital di Yayasan Nur Rosyidah ini memberikan dampak yang positif karena dipengaruhi oleh peningkatan jumlah dana dan donatur yang semakin meningkat disetiap tahunnya. Penggunaan teknologi digital ini juga memberikan implikasi yang sangat bagus, baik untuk kalangan internal maupun eksternal karena sistem yang memudahkan konsumen dalam berdonasi.

Kata Kunci : Teknologi Digital, Penghimpunan Dana, Donatur

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: mIFTAHUL hUDA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:23
Last Modified: 12 Jun 2023 08:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24264

Actions (login required)

View Item View Item