Pola Komunikasi Orang Tua Kepada Anak dalam Menanamkan Perilaku Beribadah di Desa Kedungputri Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi

Hidayat, Arif (2023) Pola Komunikasi Orang Tua Kepada Anak dalam Menanamkan Perilaku Beribadah di Desa Kedungputri Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menanamkan perilaku anak dalam beribadah, kemampuan metode komunikasi yang digunakan oleh orang tua sangatlah penting, karena orang tua merupakan pendidik pertama dan yang paling dekat dengan seorang anak. Bagaimana orang tua menjalin komunikasi dengan anaknya, merupakan titik awal kebiasaan anak dan orang tua dalam terus berinteraksi dan berkomunikasi. Selain kemampuan komunikasi dan metode komunikasi yang dimiliki orang tua, pemahaman orang tua akan nilai dan perilaku yang akan ditanamkan pada anak juga sangat berpengaruh pada keberhasilan proses.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk penanaman perilaku beribadah orang tua kepada anak, 2) Pola komunikasi orang tua kepada anak dalam menanamkan perilaku beribadah dan 3) Hasil penerapan komunikasi yang dilakukan orang tua kepada anak dalam menanamkan perilaku beribadah. Lokasi penelitian ini adalah Desa Kedungputri Kec. Paron Kab. Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman, sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Komunikasi yang digunakan oleh orang tua dalam menanamkan perilaku beribadah kepada anak ada empat, yaitu metode pembiasaan, metode teladan, metode perintah dan metode motivasi; Pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dalam menanamkan perilaku beribadah kepada anak, yaitu pola komunikasi demokratis (Authoritative) dan pola komunikasi membebaskan (Permissive); Hasil dari pola komunikasi orang tua dalam menanamkan perilaku beribadah kepada anak di Desa Kedungputri Kec. Paron Kab. Ngawi, yaitu Pola komunikasi demokratis (Authoritative) memiliki pengaruh yang baik pada penanaman perilaku beribadah, anak mampu menerima pesan yang disampaikan oleh orang tua dan bertindak sesuai nasehat serta arahan orang tua. Sedangkan, pola komunikasi membebaskan (Permissive) memiliki pengaruh yang kurang baik pada penanaman perilaku beribadah anak, anak tidak mau mematuhi perintah orang tua dan justru banyak membangkang nasehat serta acuh terhadap perintah orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:31
Last Modified: 12 Jun 2023 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24256

Actions (login required)

View Item View Item