Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MIN 1 Ponorogo

Khoiriyah, Nikmatul (2023) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190167_Nikmatul Khoiriyah_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Nikmatul. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institusi Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Bapak Mukhlison Effendi, M, Ag.

Kata Kunci : Mind Mapping, Media Gambar, Pemahaman, Akidah Akhlak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan proses pembelajaran di MIN 1 Ponorogo yang kurang menarik dan menjenuhkan, sehingga siswa merasa kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan media dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal dan berdampak pada pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran mind mapping dengan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI di MIN 1 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping dengan media gambar di MIN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas VI Hasan Albanna MIN 1 Ponorogo. Pemilihan lokasi berdasarkan oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan secara langsung pada saat magang 1 dan 2. Data pemahaman siswa diambil dari lembar observasi dan hasil tes siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)pelaksanaan penerapan model pembelajaran mind mapping yaitu penjelasan materi dengan media gambar, pembagian kelompok, arahan pembuatan mind mapping, proses pembuatan mind mapping, dan presentasi hasil mind mapping.(2) model pembelajaran mind mapping dengan media gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa dibuktikan dengan lembar observasi pada siklus I menunjukkan 60% dalam kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes siswa pada siklus I menunjukkan 56% yang melampaui KKM dan meningkat pada siklus II menjadi 100% yang melampaui KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:02
Last Modified: 12 Jun 2023 08:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24254

Actions (login required)

View Item View Item