Hikmah, Nikmatil (2023) [SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA] Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190052_NIKMATIL HIKMAH_MPI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Hikmah, Nikmatil. 2023. Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak
Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M. Pd. I.
Kata Kunci: Kebijakan, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru
Kompetensi pedagogik guru memiliki konstribusi yang sangat penting
dalam meningkatkan kualitas mengajar guru, dimana dengan adanya berbagai
permasalahan yang dihadapi oleh guru seperti guru yang mengalami kesulitan
dalam mengaktifkan kelas, guru yang kurang memahami karateristik peserta didik
karena banyaknya jumlah peserta didik, dan guru yang kurang memahami berbagai
strategi pembelajaran. Dari berbagai permasalah tersebut dibutuhkan kebijakan
kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru agar
pembelajaran yang dilakukan bisa berlangsung dengan baik. Madrasah Aliyah
Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo merupakan madrasah yang memiliki jumlah
peserta didik dalam jumlah yang sangat besar sehingga untuk mengkoordinir
peserta didik dibutuhkan kebijakan kepala madrasah khususnya mengenai
kompetensi pedagogik guru agar pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan secara
kondusif .
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan dan
menganalisis bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2)
Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kebijakan kepala madrasah
dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda
Mayak Tonatan Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi
kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di
Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model
Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk kebijakan kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak
Tonatan Ponorogo yaitu dapat dilihat dari kebijakan dari segi makro dan mikro.
Kebijakan dari segi makro yaitu rencana kerja tahunan, semesteran, bulanan,
mingguan, dan harian. Sedangkan kebijakan dari segi mikro kepala madrasah
mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan PKG, PPG, MGMP, mengadakan
workshop, mengadakan rapat, supervisi kunjungan kelas, pembinaan RPP,
pembuatan soal, lomba guru berprestasi, selapanan, ziaroh makam auliya’, dan
evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak
Tonatan Ponorogo yaitu perencanaan tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan
harian, pembuatan soal, pemasangan LCD, dan kegiatan ekstrakurikuler
(EKSMADHA). (3) Implikasi kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan
Ponorogo yaitu dapat dilihat ouput dan outcame. Dari segi output bisa dilihat dari
dampak yang dihasilkan oleh guru dan peserta didik. Dampak yang dihasilkan oleh
guru yaitu guru yaitu lebih profesional dalam bekerja, guru mampu memahami
karateristik peserta didik, dan mendapatkan prestasi. Sedangkan, dampak yang
dihasilkan bagi peserta didik yaitu mengahsilkan peserta didik jurur dan sopan,
mendapat prestasi akademik dan non akadmik, dan menghasilkan lulusan yang
sesuai dengan KKM. Dari segi outcame bisa dilihat dari rasa tanggung jawab guru
dan kepedulian peserta didik dalam menjalankan tugasnya masing-masing, guru
mendapatkan pengetahuan melalui program pelatihan dan pengembangan, dan guru
mendapat prestasi melalui karya ilmiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Rahmi Sonia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24245 |
Actions (login required)
View Item |