..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...STRATEGI BENCHMARKING KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 SINGOSAREN PONOROGO

Abrori, Rizza (2023) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...STRATEGI BENCHMARKING KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 SINGOSAREN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS RIZZA ABRORI 502190033 - upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas bagi lembaga yang dipimpinnya. Oleh karena itu, ketika kepala sekolah memiliki visi, ia harus memiliki strategi untuk mewujudkan visi dan misinya. Salah satu strategi yang dapat dikembangkan adalah strategi benchmarking. Strategi benchmarking ini memungkinkan kepala sekolah untuk mengonsep rencana yang dijadikan pijakan awal untuk menentukan arah yang akan diambil sekolah.
Tujuan pada penulisan ini adalah mengetahui formulasi strategi benchmarking kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Singosaren Ponorogo, mengetahui implementasi strategi benchmarking kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Singosaren Ponorogo, mengetahui pengendalian strategi benchmarking kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Singosaren Ponorogo.
Metode penulisan yang digunakan adalah penulisan kualitatif dengan jenis penulisan studi kasus. Penulisan ini dilakukan dalam lokasi SDN 1 Singosaren. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman.
Berdasarkan temuan peneliti tentang strategi benchmarking kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Singosaren Ponorogo adalah melalui beberapa tahapan, yaitu formulasi, implementasi, dan pengendalian. Pertama, formulasi: 1) berorientasi pada visi dan misi sekolah, 2) memahami karakteristik lembaga sekolah sendiri, 3) membentuk kerjasama tim, 4) menentukan lembaga unggul yang menjadi patokan, 5) menentukan subjek benchmarking. Kedua, implementasi dilaksanakan dengan melakukan studi pembandingan di lembaga tujuan dengan metode wawancara/diskusi, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data untuk studi benchmarking kemudian akan disesuaikan dan dipilih dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: budaya, kemampuan sumber daya manusia, kepemimpinan, keorganisasian, keadministrasian, dan program sekolah. Ketiga, pengendalian dilakukan melalui komunikasi yang erat antara pimpinan, bawahan dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan, yang dapat membuat implementasi strategi lebih efektif karena memungkinkan deteksi dini berbagai kendala yang dihadapi oleh bawahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:16
Last Modified: 12 Jun 2023 05:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item