Pola Komunikasi Siswa Tuli Menggunakan SIBI di SLBN Badegan

Putri, Ananda Erliyana (2023) Pola Komunikasi Siswa Tuli Menggunakan SIBI di SLBN Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e thesis ayari watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tuli dalam pandangan masyarakat dimaknai sama dengan tunarungu dikarenakan eufemisme (penghalusan bahasa) yang masih melekat erat dalam masyarakat. Komunikasi sebagai hal fundamental menjadi kebutuhan setiap orang termasuk kelompok Tuli. Bahasa isyarat menjadi media dalam proses komunikasi kelompok Tuli. SLBN Badegan merupakan salah satu sekolah luar biasa yang intens menggunakan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dalam pola komunikasi dengan siswa Tuli. Pola komunikasi menggunakan SIBI ini yang menjadi fokus penelitian. SIBI merupakan bahasa isyarat yang dibuat secara resmi oleh Pemerintah Indonesia. SIBI merepresentasikan tata lisan bahasa Indonesia ke dalam bahasa isyarat
Tujuan dari penelitian ini adalah, Pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi siswa Tuli menggunakan SIBI di SLBN Badegan. Kedua, untuk mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi guru dengan siswa Tuli menggunakan SIBI di SLBN Badegan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pola komunikasi siswa Tuli sepenuhnya menggunakan bahasa isyarat SIBI dimana mereka menggunakan satu tangan dalam menyampaikan pesan isyarat. Jenis pola komunikasi yang digunakan oleh siswa Tuli dalam berkomunikasi dengan temannya adalah pola komunikasi primer non verbal. Kedua, pola komunikasi guru dengan siswa Tuli menggunakan pendekatan komunikasi total (komtal) dimana dalam pendekatan ini merupakan gabungan dari penggunaan bahasa isyarat SIBI dan penggunaan oral (komunikasi verbal). Bentuk pola komunikasi guru dengan siswa Tuli adalah pola komunikasi dengan struktur bintang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:13
Last Modified: 12 Jun 2023 08:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item View Item