KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI PLUS AL ISLAM DAGANGAN

Saputro, Yasir Rizqi (2023) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI PLUS AL ISLAM DAGANGAN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E TESIS YASIR.pdf

Download (3MB)

Abstract

KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH
DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
DI MI PLUS AL ISLAM DAGANGAN MADIUN
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kinerja guru belum maksimal diantaranya guru yang kurang dalam mengajar. Utamanya dalam pemanfaatan media pembelajaran, sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket saja, beberapa guru yang memiliki tugas yang lebih di lembaga dan tidak jarang meninggalkan kelas yang kemudian di ganti guru lainnya yang tidak ahli dalam bidang mata pelajaran tersebut. Hal ini berpengaruh pada pemahaman peserta didik karena guru yang menggantikan tidak sesuai dengan bidang keahlian.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.
Tujuan penelitian di MI Plus Al Islam Dagangan ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan konseptual (conceptual skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, 2) Keterampilan hubungan manusia (human skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, 3) Keterampilan teknik (technical skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru.
Hasil penelitian tentang keterampilan manajerial Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Plus Al Islam Daganagan sebagai berikut: 1) keterampilan konseptual (conceptual skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan SK Mengajar, SOP wali kelas dan ekstrakurikuler, mempersiapkan sarana prasarana sumber belajar melalui tim telaah. 2) keterampilan manusiawi (human skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dengan membangun suasana harmonis, tidak adanya kesenjangan antara atasan dan bawahan, membangun kerjasama antar guru, pemberian penghargaan guru, pemerataan tugas tambahan pengembangan diri, sosialisasi SOP dan job description. 3) keterampilan teknik (technical skill) Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dengan pemanggilan guru yang melanggar aturan, rapat evaluasi mingguan yang dilakukan setiap hari senin setelah upacara, workshop, MGMP, pelatihan: modul ajar, silabus, alat pembelajaran, dan pengecekan administrasi guru, cek kehadiran, dan kunjungan kelas.

MADRASAH HEAD MANAGERIAL SKILLS
IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE
AT MI PLUS AL ISLAM TRADING MADIUN
ABSTRACT
This research is motivated by the problem of teacher performance that has not been maximized, including teachers who are lacking in teaching. Mainly in the use of learning media, the learning resources used are only textbooks, some teachers have more duties at the institution and often leave the class which is then replaced by another teacher who is not an expert in the subject area. This affects the understanding of students because the substitute teacher is not in accordance with the area of expertise
This research is a type of case study qualitative research using a qualitative approach. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses interactive qualitative data analysis model Miles, Huberman, and Saldana. The technique of checking the validity of the data uses extended participation and triangulation.
The purpose of this study at MI Plus Al Islam Datangan is to describe: 1) Conceptual skills of Madrasah Principals in improving teacher performance, 2) Human relations skills of Madrasah Principals in improving teacher performance, 3) Technical skills skills) Head of Madrasah in improving teacher performance.
The results of the research on the managerial skills of the Madrasah Head in improving teacher performance at MI Plus Al Islam Daganagan are as follows: 1) the conceptual skills of the Madrasah Head in improving teacher performance are carried out with a Teaching Decree, SOP for homeroom and extracurricular activities, preparing learning resources infrastructure through the review team. 2) Madrasah principal human skills in improving teacher performance by building a harmonious atmosphere, no gaps between superiors and subordinates, building collaboration between teachers, awarding teachers, equal distribution of additional self-development tasks, dissemination of SOPs and job descriptions. 3) technical skills of the Madrasa Head in improving teacher performance by calling teachers who break the rules, weekly evaluation meetings which are held every Monday after the ceremony, workshops, MGMP, training: teaching modules, syllabus, learning tools, and checking teacher administration , check attendance, and class visits.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah dan M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:59
Last Modified: 12 Jun 2023 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24233

Actions (login required)

View Item View Item