SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MA AL-FALAH NGRAYUN PONOROGO

Karyani, Sri (2023) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MA AL-FALAH NGRAYUN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Sri Karyani-e thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah pendidik di sekolah yang harus memenuhi
standar pendidik yang merupakan bagian dari standar pendidikan nasional sebagai faktor penting dalam mencapai keberhasilan tujuan pendidikan, sehingga profesionalismenya akan terus dituntut untuk dikembangkan. Guru di MA Al-Falah Ngrayun Ponorogo mengalami permasalahan dalam meningkatkan profesionalismenya dikarenakan rendahnya kompetensi pengelolaan pembelajaran yakni dalam perencanaan, pelaksanakan serta monitoring dan evaluasi. Supervisi akademik menjadi serangkaian aktivitas dengan teknik dan pendekatan tertentu mampu meningkatkan profesionalisme guru.
Tujuan penelitian ini adalah, (1) menganalisis penerapan supervisi akademik teknik individu oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru (2) menganalisis penerapan supervisi akademik teknik kelompok oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru (3) menganalisis kontribusi supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif yang dikemukakan Matthew B. Milles, A.Michael Huberman dan Saldana dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data (data

condensation), penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) penerapan supervisi akademik teknik individu yang diterapkan oleh kepala madrasah meliputi kunjungan kelas dengan pendekatan non directive, pertemuan pribadi, kunjungan antar kelas dan penilaian diri sendiri (self evaluation) dengan pendekatan kolaboratif guru mampu melaksanakan pembelajaran yang efektif. (2) penerapan supervisi akademik teknik kelompok yang diterapkan oleh kepala madrasah meliputi pertemuan orientasi, rapat dewan guru, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), workshop dan seminar dengan menggunakan pendekatan kolaboratif mampu meningkatkan kapabilitas dan loyalitas guru dalam melaksanakan tugas keguruannya. (3) kontribusi supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru diantaranya memonitor kegiatan belajar mengajar guru secara berkesinambungan dalam bentuk evaluator, koordinator serta konsultan dan memberikan stimulus kepada guru dalam melakukan inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MAMBAUL NGADHIMAH, DHINUK PUSPITA KIRANA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:58
Last Modified: 12 Jun 2023 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24231

Actions (login required)

View Item View Item