[TTD PADA LEMBAR PERSETUJUAN MUNAQOSAH, PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN HARUS ASLI (BUKAN TTD SCAN) - Nilai Pendidikan Karakter dan Mindset Mehmed II dalam Buku Muhammad Al Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw

Al Ad'Ha, Ilham Adi Putra (2023) [TTD PADA LEMBAR PERSETUJUAN MUNAQOSAH, PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN KEASLIAN TULISAN HARUS ASLI (BUKAN TTD SCAN) - Nilai Pendidikan Karakter dan Mindset Mehmed II dalam Buku Muhammad Al Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190382_ILHAM ADI PUTRA AL AD'HA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Al Ad’Ha, Ilham Adi Putra. 2023. Nilai Pendidikan Karakter dan Mindset Mehmed II dalam Buku Muhammad Al Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Mindset, Muhammad Al Fatih, Tujuan Pendidikan Islam.

Di era digital seperti sekarang ini, kasus dekadensi moral menjadi sebuah masalah yang terus mengakar seperti tidak ada penyelesaiannya. Masalah ini bukannya semakin turun, namun semakin bertambah setiap tahun. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter bertujuan untuk membangun pola pikir dan sikap seseorang agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah dan bertanggung jawab. Nilai-nilai karakter bisa didapatkan melalui pembelajaran di sekolah, dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, buku, film dan karya sastra lainnya. Salah satu karya sastra yang memuat nilai-nilai karakter adalah buku tentang tokoh yang menginspirasi seperti Mehmed II dalam buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw. Muhammad Al Fatih adalah seorang tokoh yang banyak diceritakan dalam bentuk tulisan. Di antara lain yaitu Dr. Ali Muhammad Ash-shalabi, John Freely dan Felix Y. Siauw karena namnaya mahsyur di dunia Islam maupun barat. Khusus untuk Felix Y. Siauw, buku Muhammad Al Fatih 1453 adalah bentuk penghargaan dan kepeduliannya terhadap dunia Islam meski Felix dianggap radikal oleh banyak orang seperti yang ditulis Dedi Setiawan dikutip dari Viva.co.id tentang 4 Penceramah yang dianggap radikal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai karakter dalam buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw; (2) mindset atau pola pikir Mehmed II dalam buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw; (3) relevansi nilai-nilai karakter dan mindset Mehmed II yang ada dalam buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw dengan tujuan Pendidikan Islam.
Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Data dalam penelitian ini, bersumber dari Buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Saiuw. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah literer atau dokumentasi yaitu, literer yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yag berkesinambungan (koheren) dengan objek bahan yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah analysis content (analisis isi) yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha untuk menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara objektif dan sistematis.
Dari hasil analisis yang dilakukan pada Buku Muhammad Al Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw ditemukan bahwa Mehmed II memiliki tujuh nilai karakter dari delapan belas nilai karakter yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Perpres No 87, yaitu religius, tolerasni, disiplin, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif dan bertanggung jawab. Dari ketujuh nilai karakter tersebut hanya empat nilai karakter yang memiliki relevansi terhadap tujuan Pendidikan Islam baik tujuan umum dan tujuan khusus yaitu religius, toleransi, gemar membaca dan bertanggung jawab. Selain itu Mehmed II juga memiliki pola pikir growth mindset dan fixed mindset. Kedua mindset tersebut dimiliki Mehmed bergantung pada keadaan yang sedang dihadapi oleh Mehmed II. Kedua pola pikir tersebut juga memiliki relevansi terhadap tujuan Pendidikan Islam baik tujuan umum (mengagungkan asma Allah, meneladani Rasulullah dan membentuk manusia yang ahli ibadah) dan tujuan khusus (mencapai kemaslahatan hidup).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:58
Last Modified: 12 Jun 2023 07:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24229

Actions (login required)

View Item View Item