Kesehatan Mental Perspektif Al Qur'an (Analisis Q.S Al Baqarah Ayat 155)

Rizka, Amelya Novia (2023) Kesehatan Mental Perspektif Al Qur'an (Analisis Q.S Al Baqarah Ayat 155). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI AMELYA NOVIA RIZKA 301190006 IAT ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rizka, Amelya Novia, 2023. Kesehatan Mental Perspektif Al Qur’an (Analisis Q.S Al Baqarah Ayat 155). Skripsi. Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mayrina Eka P B M.Psi,
Kata kunci: Kesehatan Mental, Cara Menjaga Kesehatan Mental, Q.S Al Baqarah Ayat 155
Datangnya virus corona ke seluruh dunia memberikan dampak kepada kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Rasa takut, cemas, depresi yang terjadi kepada beberapa masyarakat dapat mengganggu kesehatan mentalnya. Hal ini menjadi salah satu ujian terbesar bagi seluruh umat terutama umat Islam dan Al Qur’an menjadi solusi mudah bagi umat. Masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana makna kesehatan mental mental menurut Q.S Al Baqarah ayat 155 dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental menurut Q.S Al Baqarah ayat 155.
Jenis penelitian ini pustaka (library research), yaitu penelitian yang menggunakan literatur-literatur atau bahan-bahan pustaka sebagai objek utamanya yang terkait dengan permasalahan yang akan dikaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu melakukan pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah atau mengkaji secara kasus per kasus karena sifat masalah satu berbeda dengan sifat masalah lainnya.
Dari pembahasan di atas disimpulkan bahwa kesehatan mental adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak terkena penyakit atau gangguan mental, mampu menyesuaikan diri dengan diri sendiri dan lingkungan, selalu merasa tenang, tentram dan bahagia. menjaga kesehatan mental harus memiliki keseimbangan antara jiwa dan badan. Menjaga kesehatan mental harus memiliki keseimbangan antara pola hidup yang dijalani dan keimanan dalam diri seseorang yaitu dengan terapi ibadah dan terapi sabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:33
Last Modified: 12 Jun 2023 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item