KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL IMAN PONOROGO

Sa'adah, Asna (2023) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL IMAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
502210056_ASNA SA'ADAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Yang menarik dari MA Al Iman Babadan, bahwa memang MA Al Iman Babadan merupakan alternatif bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Selain memang berbasis pondok pesantren dengan kurikulum KMI di MA Al Iman juga menggunakan kurikulum dari Kementerian Agama, beliau mengungkapkan setiap tahun MA berhasil meluluskan siswanya 100 %. Dengan penekanan pada proses pendidikan, MA Al Iman Babadan tidak hanya meluluskan 100 %, namun nilai atau prestasi yang diraih di atas nilai standar kelulusan. Untuk menghasilkan lulusan yang baik tentu banyak upaya yang dilakukan oleh MA Al Iman Babadan dalam proses pengelolaan siswanya untuk belajar. Dari data beberapa tahun terakhir ini, ada lulusan yang diterima di universitas luar negeri, di perguruan tinggi negeri, bahkan ada siswa yang mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan kepala madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi program pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan berupa akademik, karakter dan tanggungjawab siswa di Madrasah Aliyah Al Iman Ponorogo.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu
• Kepala madrasah merencanakan program pendidikan dalam peningkatan akademik antara lain penataran guru, kegiatan Mu’asykar, Ta’hil dan Taujih. Karakter dengan pengintegrasian ke mapel, program pengembangan diri, keteladanan dan pengkondisian lingkungan. Tanggungjawab dengan meningkatkan kinerja kepengurusan dengan mengadakan diklat-diklat.
• Kepala madrasah melaksanakan program pendidikan dalam peningkatan akademik dengan beberapa program penunjang seperti pendalam materi, amaliyah dll. Karakter dengan pembiasaan-pembiasaan yang rutin. Tanggungjawab dengan keikutsertaan dalam organisasi-organisasi.
• Kepala madrasah mengevaluasi program pendidikan dalam peningkatan akademik dengan supervise kelas dan pengajaran, ulangan umum, ulangan tengah semester, yudisium kenaikan kelas, Karakter dengan persidangan, pembinaan mental dan spiritual. Tanggungjawab dengan pengecekan administrasi organisasi dan lain sebagainya.

ABSTRACT

What's interesting about MA Al Iman Babadan, is indeed an alternative for parents to send their children to school. Apart from being based on Islamic boarding schools with the KMI curriculum at MA Al Iman it also uses the curriculum from the Ministry of Religion, he revealed that every year the MA succeeds in graduating 100% of its students. With an emphasis on the educational process, MA Al Iman Babadan not only graduates 100%, but the grades or achievements achieved are above the passing standard. To produce good graduates, of course, many efforts have been made by MA Al Iman Babadan in the process of managing their students to study. From the data for the last few years, there have been graduates who have been accepted at foreign universities, at state universities, and there have even been students who have received scholarships through merit.
This research includes field research using a qualitative approach. As for data collection techniques through interviews, observation and documentation. Data were analyzed using several steps according to the theory of Miles, Huberman and Saldana, namely analyzing data in three steps: data condensation, presenting data (data display), and drawing conclusions or verification (conclusion drawing and verification).
This study aims to determine and analyze the ability of madrasa heads in planning, implementing and evaluating educational programs in improving the quality of graduates in the form of academics, character and student responsibilities at Madrasah Aliyah Al Iman Ponorogo.
The findings obtained in this study namely
• The madrasah head plans educational programs for academic improvement, including teacher upgrading, Mu'asykar, Ta'hil and Taujih activities. Character by integrating into subjects, self-development programs, exemplary and environmental conditioning. Responsibility by improving management performance by holding training and education.
• The head of the madrasah implements an education program in academic improvement with several supporting programs such as material deepening, practice etc. Characters with regular habits. Responsibility with participation in organizations.
• The head of the madrasa evaluates educational programs in terms of academic improvement by supervising classes and teaching, general tests, midterm tests, grade promotion graduation, character with trials, mental and spiritual development. Responsible for checking organizational administration and so on.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AHMADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:31
Last Modified: 12 Jun 2023 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item