Efektifitas Penegakan Hukum Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo)

Hakim, Moh.Riza Taufiqul (2023) Efektifitas Penegakan Hukum Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
503210032_Moh.Riza Taufiqul Hakim_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena pandemi covid-19 menimbulkan permasalahan bagi kesiapan penegakan hukum maupun ketersediaan sarana dan prasarana di Kabupaten Ponorogo. Permasalahan yang dihadapi berupa sejauh mana efektifitas penegakan hukum dan sejauh mana efektifitas ketersediaan sarana dan prasarana dalam menghadapi gelombang pandemi covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas aparat penegak hukum dalam menegakkan hukum kekerasan dalam rumah tangga pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Ponorogo dan menganalisis efektifitas ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang aparat penegak hukum dalam menegakkan hukum kekerasan dalam rumah tangga selama pandemi covid-19 di Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ponorogo dengan subyek penelitian kepolisian, pengadilan, dan P2TP2A. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, penegakan hukum kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh aparat penegak hukum di Kabupaten Ponorogo kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan kurangnya koordinasi diantara aparat penegak hukum dalam menyelesaikan kasus kekerasan dalam rumah tangga selama pandemi covid-19 sehingga menyebabkan banyak kasus yang tidak tercover maupun selesai tanpa pemidanaan terhadap pelaku. Kedua, ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang dalam menegakkan hukum kekerasan dalam rumah tangga selama pandemi covid-19 oleh aparat penegak hukum, efektif di satu sisi dan tidak efektif di sisi lain. Dikatan efektif yaitu ketersediaan sarana dan prasarana di kepolisian dan pengadilan ponorogo yang telah cukup baik dan memenuhi standart, sedang di P2TP2A Kabupaten Ponorogo sangat kurang dan belum cukup memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda, Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:26
Last Modified: 12 Jun 2023 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24209

Actions (login required)

View Item View Item