..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) KOMBINASI METODE SRL (SELF- REGULATED LEARNING) GUNA MENGATASI KECEMASAN BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Andryansah, Laudry Bayu (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) KOMBINASI METODE SRL (SELF- REGULATED LEARNING) GUNA MENGATASI KECEMASAN BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_207190028_LAUDRY BAYU A.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya minat dan motivasi peserta didik dalam
belajar menimbulkan kecemasan dalam belajar IPA.
Sehingga adanya kecemasan tersebut menyebabkan kurang
maksimalnya peserta didik dalam mengembangkan dan
meningkatkan kemampuan diri sesuai perkembangan zaman.
Peneliti memberikan solusi dengan model TPS kombinasi
metode SRL guna mengatasi kecemasan belajar IPA. Sintaks
pembelajaran yakni proses berpikir, diskusi, dan berbagi
dalam pembelajaran yang terencana untuk mengatasi aspek
kecemasan belajar yakni aspek behaviorial, kognitif, dan
somatis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran TPS kombinasi
metode SRL, serta mengetahui efektivitas penerapan model
pembelajaran TPS kombinasi metode SRL guna mengatasi
kecemasan belajar IPA materi ekologi dan keanekaragaman
hayati kelas.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yakni penelitian
eksperimen dan dengan desain pretest-posttest design.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII
dengan sampel penelitian kelas VII-A dan VII-B SMP Negeri
2 Jetis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif
dan statistic inferensial yakni uji T, uji linieritas, dan uji
Ancova.
Berdasarkan analisis data yakni keterlaksanaan
pembelajaran terlaksana sangat baik dengan skor rata-rata
1.0, aktivitas peserta didik terlaksana baik dengan skor rata-
rata 0.9, serta model pembelajaran TPS kombinasi metode
SRL efektif untuk digunakan daripada model pembelajaran
konvensional dengan nilai signifikansi 0.16 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:23
Last Modified: 12 Jun 2023 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item