..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..​Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa

Salsabila Hanif, Sofiyah (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..​Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SELESAI SOFI 11 JUNI 2023 FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan komik digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh bahasa jawa kelas IV Sdn Mojomanis 2 Ngawi, dengan jumlah peserta didik 22 orang. Penggunaan model CIRC berbantuan komik digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh bahasa Jawa dapat membuat peserta didik lebih tertarik dan penasaran dengan materi yang disampaikan dan visualisasi materi ke dalam bentuk komik, serta dapat memberikan suasana baru bagi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan komik digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa Unggah-Ungguh kelas IV, serta untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan pembelajaran Bahasa Jawa dengan menggunakan media komik digital peserta didik kelas IV.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, lembar tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpilan), teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan komik digital mampu meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV. Dengan keberhasilan pembelajaran bahasa Jawa yang ditunjukkan dengan kenaikan nilai yang signifikan dengan rata-rata nilai pada siklus I 58,9%. Dan peningkatan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 72,2% serta nilai praktik berbicara bahasa Jawa yang cukup baik. Kelebihan dari komik digital ini disajikan dalam bentuk gambar yang lucu sehingga membuat penontonnya semakin tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:20
Last Modified: 12 Jun 2023 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24197

Actions (login required)

View Item View Item