Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Meraih 1001 Keajaiban Hidup dengan Al-Qur'an Karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Afiifah, Anis Nurul (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Meraih 1001 Keajaiban Hidup dengan Al-Qur'an Karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190026_ANIS NURUL AFIIFAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Afiifah, Anis Nurul. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Meraih 1001 Keajaiban Hidup dengan Al-Qur’an Karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Islam, Buku Meraih 1001 Keajaiban Hidup dengan Al-Qur’an, Akidah Akhlak.
Pendidikan Islam memiliki kandungan nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar keyakinan agar sesuai dengan norma dan ajaran Islam untuk menciptakan insan yang kamil. Buku meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang mana nilai tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui proses pendidikan. Dengan demikian, untuk mewujudkan pendidikan Islam tersebut, digunakan materi akidah
akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah sebagai materi yang dapat dikaitkan dengan nilai-nilai pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc. dengan materi akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan dan memerlukan banyak informasi. Adapun teknik analisis menggunakan metode analisis isi. Data yang digunakan berupa data primer dari buku meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc. Sedangkan data sekunder berupa buku-buku pendukung yang
terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Berdasarkan hasil dari penelitian ini : (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc., meliputi : nilai aqidah, nilai akhlak dan nilai ibadah. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku
meraih 1001 keajaiban hidup dengan Al-Qur’an karya Ust. Bobby Herwibowo, Lc dengan materi akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah meliputi : Nilai aqidah relevan dengan Bab I Al-Qur’an dan keistimewaannya. Nilai akhlak
relevan dengan Bab III membiasakan akhlak terpuji (ikhtiar, tawakal, syukur), Bab V adab seorang muslim terhadap orang tua dan guru (adab terhadap orang tua) dan Bab VIII membiasakan akhlak terpuji (husnudẓan, ta’awun). dan Nilai ibadah relevan dengan Bab VIII membiasakan akhlak terpuji (ta’awun dan tawaḍhu’).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:10
Last Modified: 12 Jun 2023 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item