INTERNALISASI NILAI-NILAI TRISATYA PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO

Puspitasari, Mitha (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI TRISATYA PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190156_MITHA SUCI PUSPITASARI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pramuka mengajarkan begitu banyak hal baik yang lebih banyak berkaitan dengan norma dan aturan kehidupan bermasyarakat. Karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ponorogo masih banyak ditemukan kurangnya siswa menerapkan disiplin dalam beribadah dan juga menghargai agama lain, kurang tanggungjawab dan membiasakan saling membantu antar sesama teman, serta kurangnya menjadi siswa yang mengamalkan Pancasila dan bersosial. Siswa yang sulit diatur memiliki tanggung jawab kepramukaan yang sangat kecil, bahkan di lingkungan sekolah atau ruang kelas. Mereka cenderung tidak bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya selama mengikuti Pramuka atau belajar di kelas. Sebaliknya, siswa yang mengikuti aturan memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang besar bagi diri sendiri untuk selalu mengikuti petunjuk guru, orang tua atau orang disekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. (2) untuk mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai trisatya Pramuka dalam meningkatkan karakter reli.ius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan implikasi dari internalisasi nilai-nilai trisatya Pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data dan inferensi. Informan pada penelitian ini antara lain guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, pembina Pramuka, dan beberapa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo yaitu beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. (2) Strategi dari internalisasi nilai-nilai trisatya Pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo yaitu keteladanan, kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internalisasi. (3) Implikasi dari internalisasi nilai-nilai trisatya Pramuka dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo terhadap sikap yaitu terciptanya sikap yang baik terhadap siswa seperti senyum kepada orang lain, saling menyapa kepada teman guru maupun kepada orang disekitarnya, dan bersikap sopan santun dan menghormati orang yang lebih tua). Selanjutnya terhadap perilaku yaitu saling tolong menolong dalam hal kebaikan, saling gotong royong dalam hal apapun, menamankan sikap persatuan dan kesatuan, mencintai budaya, setia dan taat kepada hokum, melestarikan lingkungan disekitarnya, dan menghargai sertamenghormati orang disekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:08
Last Modified: 12 Jun 2023 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24184

Actions (login required)

View Item View Item