Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengembangkan Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Sari, Linda Purnama (2023) Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengembangkan Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190131_LINDA PURNAMA SARI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Linda Purnama. 2023. Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengembangkan Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Peran Tokoh Masyarakat, Mengembangkan Toleransi Antar Umat Beragama

Indonesia merupakan negara multikultural yang memiliki banyak perbedaan. Tidak dapat disangkal bahwa perbedaan dapat mudah memunculkan masalah. Sudah banyak konflik yang terjadi mengatasnamakan agama dan suku, hal ini terjadi karena adanya kesalahpahaman. Hal inilah yang menjadi tantangan untuk membangun dan menjaga kondisi kerukunan antar umat beragama serta menghindari konflik yang tidak seharusnya terjadi. Tapi di tengah banyaknya masalah tersebut ternyata masih ditemukan budaya toleransi antar umat beragama. Salah satunya yaitu di Desa Sampung Kecamatan Sampung yang mana masyarakat dapat hidup berdampingan dan saling toleransi antar umat beragama. Dan dengan adanya peran tokoh masyarakat yang mengontrol sikap toleransi warga dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu mengembangkan toleransi antar umat beragama. Dalam mengembangkan toleransi di lingkungan masyarakat desa tidak terlepas dari peran tokoh masyarakat formal maupun non formal. Peran masyarakat tersebut dapat mendukung perkembangan sikap toleransi masyarakat dan agar tetap terjaga hubungan yang harmonis tanpa adanya konflik.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana toleransi antar umat beragama (Islam, Katholik, dan Hindu) di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, dan (2) Bagaimana peran tokoh masyarakat dalam mengembangkan toleransi antar umat beragama (Islam, Katholik, dan Hindu) di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan toleransi antar umat beragama (Islam, Katholik, dan Hindu) di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, dan (2) mendiskripsikan peran tokoh masyarakat dalam mengembangkan toleransi antar umat beragama (Islam, Katholik, dan Hindu) di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data ini diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu kepala desa, ketua RT, tokoh agama Islam, tokoh agama Katholik, tokoh agama Hindu, dan masyarakat. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah toleransi antar umat beragama di Desa Sampung ditunjukkan dengan adanya sikap mengakui hak setiap orang, sikap menghormati keyakinan orang lain, sikap setuju dalam perbedaan, sikap saling mengerti, sikap kesadaran dan kejujuran. Sikap tersebut diwujudkan melalui kegiatan gotong royong, tidak mengganggu agama lain dalam hal ibadah, membantu agama lain ketika ada kematian dan menjenguk ketika ada yang sakit, dan bersikap saling jujur antar umat beragama. Melalui sikap tersebut dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis dan damai. Beberapa peran yang dilakukan tokoh masyarakat Desa Sampung yaitu peran pertama, sebagai pembimbing memberikan teguran kepada warga yang bersikap intoleran dan tokoh agama memberikan ceramah mengenai sikap toleransi kepada umatnya. Peran kedua, sebagai konsultan memberikan nasihat agar bekerjasama dan menjaga kekompakkan melalui kegiatan arisan, memberikan nasihat dalam berkomunikasi kepada orang lain dengan baik, dan mengadakan dialog antar umat beragama. Peran ketiga, sebagai penengah dalam masyarakat seperti melakukan musyawarah dalam mencari solusi dan mengumpulkan kedua belah pihak yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah agar solusi dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:08
Last Modified: 12 Jun 2023 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24182

Actions (login required)

View Item View Item