..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERBAIKI LAYOUT DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (STUDI KASUS DI SMP AZMANIA RONOWIJAYAN SIMAN PONOROGO)

Santoso, Ari Budi (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERBAIKI LAYOUT DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (STUDI KASUS DI SMP AZMANIA RONOWIJAYAN SIMAN PONOROGO). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
502210055_Ari Budi Santoso_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

SMP Azmania Ponorogo merupakan lembaga pendidikan menengah yang menerapkan kurikulum Diknas dan kurikulum pesantren. Dalam melaksanakan kurikulum SMP Azmania menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati dana tau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi informan yang berada di SMP Azmania Ponorogo, dimana metode analisis data yang digunakan adalah data kualitatif.
Berdasarkan proses pengumpulan data, penulis menghasilkan bahwa Manajemen Kurikulum Integratif dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMP Azmania menerapkan empat fungsi manajemen. Pertama, perencanaan kurikulum integratif diantaranya menetapkan tujuan, target dan mutu lulusan. Kedua, pengorganisasian yang dilaksanakan meliputi pembentukan struktur sekolah, organisasi isi kurikulum, dan pembagian tugas pendidik dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar. Ketiga, pelaksanaan yang dilakukan meliputi menentukan tugas dan tanggung jawab guru dalam kegiatan belajar mengajar. Keempat, pengawasan dilaksanakan secara periodik, mulai dari harian, pekanan, bulanan, akhir semester, dan akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki
Location: SMP Azmania Ronowijayan Siman Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:06
Last Modified: 12 Jun 2023 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24181

Actions (login required)

View Item View Item