..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Zakat Pertanian di Masyarakat Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Astuti, Kharisma Yuni (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pelaksanaan Zakat Pertanian di Masyarakat Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti, Kharisma Yuni. 2023. Pelaksanaan Zakat Pertanian Di Masyarakat Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Umarwan Sutopo, M.H.I.

Kata Kunci : Zakat, Pertanian, Hukum Islam
Penghitungan zakat menjadi sebuah hal yang penting. Sebab dalam zakat, ada haul dan nishab yang menjadi syarat wajibnya zakat. Tetapi dikarenakan kurangnya pengetahuan dari para petani jadi mereka mengeluarkan zakat tanpa mengetahui terlebih dahulu berapa kadar zakat yang seharusnya dikeluarkan dan nishab yang telah ditetapkan dalam syariat. Para petani di Desa Kaibon sebagian besar mereka memberikan zakat hasil panennya kepada kuli karena mereka banyak yang belum mengetahui atau memahami tentang zakat pertanian, jadi mereka memberikan pada orang yang bekerja dengan mereka.
Berdasarkan latar belakang di atas, ada 2 rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap jumlah zakat pertanian yang dikeluarkan petani di Desa Kaibon Kecamatan Geger kabupaten Madiun? (2) Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap penentuan Mustahiq zakat pertanian oleh petani di Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun?
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan. Jenis penelitian lapangan ini diperoleh melalui teknik wawancara dengan memperoleh informasi dan pendapat dari informan dalam memberikan keterangan mengenai bagaimana pelaksanaan zakat pertanian di Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif analitis, yang menjelaskan dengan memaparkan data yang diperoleh dari objek yang diteliti di lapangan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) kadar atau jumlah zakat pertanian yang dikeluarkan petani di Desa Kaibon Kecamatan Geger kabupaten Madiun belum sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena umumnya mereka hanya sekedar menyisihkan hasil panen untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerima (2) mustahik zakat pertanian yang dipilih oleh petani di Desa Kaibon Kecamatan Geger Kabupaten Madiun belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena para petani hanya mendistribusikannya kepada para kuli yang bekerja dengannya. Sementara kondisi kuli tersebut tidak sama, ada yang masuk ke dalam golongan mustahik zakat yakitu miskin dan ada juga yang masuk ke dalam golongan yang tidak berhak menerima zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:57
Last Modified: 12 Jun 2023 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24178

Actions (login required)

View Item View Item