UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER PEMIMPIN MELALUI KEGIATAN ORGANISASI PELAJAR PONDOK MODERN (OPPM) DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PLOSO PACITAN

Astuti, Alim witri (2023) UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER PEMIMPIN MELALUI KEGIATAN ORGANISASI PELAJAR PONDOK MODERN (OPPM) DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PLOSO PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190015_Alim Witri Astuti_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (907kB)

Abstract

ABSTRAK
Witri Astuti, Alim. 2023. Upaya Pengembangan Karakter Pemimpin Melalui Kegiatan Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) di Pondok Pesantren Al-Anwar Ploso Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci : Karakter Pemimpinan, OPPM
Kualitas kepemimpinan dari seorang pemimpin turut menentukan berhasil atau tidaknya dalam membentuk karakter santrinya. Di pondok pesantren Al-anwar Ploso Pacitan masih banyak santri yang kurang memiliki nilai-nilai karakter, seperti masih banyak santri yang kurang jujur dalam perkataannya, masih banyak yang belum bisa disiplin. santri juga belum bisa memiliki sikap demokratis dalam diri mereka contohnya dalam menentukan pilihan sebagai pemimpin mereka dalam sebuah Organisasi. Maka dari itu di Pondok Pesantren Al-anwar ini di bangun sebuah Organisasi Pelajar Pondok Modern untuk membangun mengembangkan karakter kepemimpinan santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi OPPM di Pondok Pesantren Al-anwar Ploso Pacitan, (2) untuk mengetahui bagaimana upaya OPPM dalam membentuk karakter kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-anwar Ploso Pacitan, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-anwar Ploso Pacitan.
Pada data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data disajikan dalam bentuk kata-kata serta dokumen. Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari ustadz dan ustadzah serta santri putra dan putri OPPM, Sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di Pondok Pesantren Al-anwar: (1) Organisasi Pelajar Pondok Modern telah di bangun di Pondok Pesantren Al-anwar Ploso Pacitan untuk membangun karakter santri, (2) Organisasi Pelajar Pondok Modern mampu membangun karakter santri menjadi seorang pemimpin, santri juga dapat menggunakan karakter-karakter yang telah mereka tanam untuk kehidupan dimasyarakat (3)faktor pendukung internal yaitu Adanya kinerja pengurus yang baik, adanya interaksi yang baik antara ustadz dan santri, orang tua santri turut mendukung dalam peraturan yang dijalankan dan Sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat internal yaitu Adanya santri yang kurang taat pada peraturan Pondok Pesantren dan Sarana prasarana yang tidak terjaga. Faktor pendukung eksternal yaitu Dukungan pemerintah desa maupun kota, Dukungan positif tokoh masyarakat dan warga setempat dan letak Pondok pesantren yang strategis. Faktor penghambat eksternal yaitu adanya masyarakat yang kurang berminat untuk memasukkan anak mereka kedalam pesantren maupun sekolah yang berbasis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:54
Last Modified: 12 Jun 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24173

Actions (login required)

View Item View Item