Etika Bergaul dalam Islam pada Film Cahaya Cinta Pesantren dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah

Meliana, Meliana (2023) Etika Bergaul dalam Islam pada Film Cahaya Cinta Pesantren dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190151_MELIANA_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Meliana. 2023. Etika Bergaul dalam Islam Pada Film “Cahaya Cinta Pesantren” dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Nur Rahmi Sonia, M.Pd.I.
Kata Kunci: Etika Bergaul Dalam Islam, Film Cahaya Cinta Pesantren, Akidah Akhlak Kelas XII MA
Krisis etika dan moralitas tengah terjadi di masyarakat Indonesia khususnya dalam melakukan pergaulan. Mengatasi masalah tersebut penting untuk menanamkan kembali etika dan moral bangsa yang diintegrasikan melalui pendidikan salah satunya melalui pembelajaran Akidah Akhlak. Pada pembelajaran Akidah Akhlak terdapat materi yang membahas tentang etika pergaulan. Materi ini dapat diperoleh dengan menggunakan media pembelajaran, salah satunya adalah menggunakan film. Film Cahaya Cinta Pesantren merupakan salah satu film yang memiliki nilai positif yaitu tentang etika pergaulan.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan etika bergaul dalam Islam pada film Cahaya Cinta Pesantren, dan (2) menganalisis relevansi etika bergaul dalam Islam pada film Cahaya Cinta Pesantren dengan materi Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka atau library research. Sumber data primernya adalah film Cahaya Cinta Pesantren dan buku ajar Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah Edisi 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi model Krippendorff.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat etika bergaul dalam Islam pada film Cahaya Cinta Pesantren yaitu etika bergaul dengan orang tua meliputi mendengar dan mematuhi perintah, tidak berjalan didepannya, mencari ridhonya, tidak mengeraskan suara, tawadhu’, tidak murung dan menatap tajam, meminta izin, mendoakan dan memohonkan ampun setelah meninggal, dan melaksanakan wasiat. Etika bergaul dengan guru meliputi meminta izin, menundukkan kepala, memberi salam, tidak banyak bicara, tidak bicara sebelum ditanya, tidak menyanggah dan memberi pendapat yang dapat mnejatuhkan martabatnya, dan tidak tertawa. Etika bergaul dengan teman sebaya meliputi mendahulukan teman, mendengarkan ketika diskusi, tidak berdebat, memanggil dengan baik, memberi nasihat, memberi salam, berteman dengan tulus, memberi pertolongan, memberi pujian, memaafkan, menyapa, menyambut kedatangan dan mengantar kepulangan. Etika bergaul dengan orang yang lebih muda meliputi memberi nasihat, perhatian, kasih sayang, teladan, membimbing, dan memberi apresiasi. Etika bergaul dengan lawan jenis meliputi menjaga pandangan, tidak berduaan, menutup aurat, bicara seperlunya dan tidak bersentuhan. (2) Terdapat relevansi etika bergaul dalam Islam pada film Cahaya Cinta pesantren dengan materi Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah. Materi tersebut sesuai dengan KI dan KD Akidah Akhlak Kelas XII MA yaitu terdapat pada materi pokok etika bergaul dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:54
Last Modified: 12 Jun 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24171

Actions (login required)

View Item View Item