Metode Tafsir Mubadalah dalam Penafsiran Ayat-Ayat Bidadari Surga (Studi Buku Qira'ah Mubadalah)

Hilmie, Tsania Nadzifah (2023) Metode Tafsir Mubadalah dalam Penafsiran Ayat-Ayat Bidadari Surga (Studi Buku Qira'ah Mubadalah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESES TSANIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hilmie, Tsania Nadzifah. 2023. Metode Tafsir Muba>dalah dalam Penafsiran Ayat-ayat Bidadari Surga (Studi Buku Qira>’ah Muba>dalah). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag.

Kata Kunci: Metode Tafsir Muba>dalah, Penafsiran Ayat-ayat Bidadari Surga, Buku Qira>’ah Muba>dalah

Penelitian ini dilatar belakangi oleh doktrin dan ajaran fundamental dalam Islam, yaitu al-musa>wah atau egalitarianisme yang memandang bahwa semua manusia setara. Namun ketatnya aturan gender dalam bahasa Arab membuat teks-teks keislaman dijelaskan secara maskulin dan terlihat deskriminatif terhadap perempuan. Hal ini memunculkan tuntutan untuk mengkaji ulang dan melakukan reinterpretasi teks-teks keagamaan. Misalnya teks keagamaan mengenai surga yang penjelasannya lebih banyak dijelaskan sebagai wahana puncak kepuasan dan kenikmatan yang diperuntukkan bagi laki-laki, tanpa disusulkan penjelasan yang memadai mengenai kenikmatan yang diperuntukkan bagi perempuan. Walaupun tidak ada yang tahu persis tentang bagaimana kondisi di surga kelak kecuali Allah Swt., namun yang menjadi sorotan di sini adalah terkait penjelasan tafsir yang ada tidak menyapa perempuan sebagai manusia utuh. Sementara ini, penjelasan tafsir yang ada masih berangkat dari imajinasi laki-laki.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profil Buku Qira>’ah Muba>dalah. 2) Menjelaskan konstruksi metode tafsir muba>dalah. 3) Memaparkan analisis metode tafsir muba>dalah dalam penafsiran ayat-ayat bidadari surga. Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan model kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Pengolahan data menggunakan metode deskriptif-analitik. Yang terakhir, data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profil Buku Qira>’ah Muba>dalah ditunjukkan dengan identitas penulis bernama Faqihuddin Abdul Kodir yang memiliki latar belakang sosial-historis dan karya intelektual yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender. Begitupun dengan formulasi bukunya yang menekankan perspektif keberagamaan yang menitikberatkan pada keseimbangan relasi dan kesalingan. Kedua, konstruksi metode tafsir muba>dalah memiliki konsep yang berorientasi pada ketersalingan terhadap teks-teks agama yang berbicara seputar isu-isu gender, baik Al-Qur’an maupun hadis. Ketiga, analisis metode tafsir muba>dalah dalam penafsiran ayat-ayat bidadari surga menjadi sebuah tawaran serta penegasan agar kesadaran mengenai kedudukan perempuan sebagai subjek ayat tidak berhenti pada perintah keimanan semata, namun tetap berlanjut pada deskripsi mengenai balasan di surga, sehingga surga juga menjadi tempat bagi perempuan dalam mendapatkan segala kenikmatan yang sempurna sebagaimana laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:49
Last Modified: 12 Jun 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24164

Actions (login required)

View Item View Item