Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Di SMK PGRI 2 Ponorogo (Studi Pencapaian Sasaran Mutu Bursa Kerja Khusus)

Wulandari, Putri (2023) Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Di SMK PGRI 2 Ponorogo (Studi Pencapaian Sasaran Mutu Bursa Kerja Khusus). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190059_PUTRI WULANDARI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wulandari, Putri. 2023. Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Di SMK PGRI 2
Ponorogo(Studi Pencapaian Sasaran Mutu Bursa Kerja Khusus). Skripsi.
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Pada era globalisasi ini terjadi begitu banyak perubahan. Salah satu perubahan
yang pesat tersebut terjadi pada dunia pendidikan. Maka sebagai lembaga pendidikan
yang unggul kita perlu mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan terus
meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru maupun siswa, serta menyediakan
layanan pendidikan yang bermutu. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya
manajemen mutu yang baik supaya dapat memengaruhi tingkat proses dan hasil lulusan
pada lembaga pendidikan, terutama sekolah menengah kejuruan. Hal ini dilakukan untuk
menyiapkan para peserta didik agar mampu untuk beradaptasi dengan berbagai
lingkungan kerja yang dinamis. Sehingga dalam pemenuhan upaya tersebut SK PGRI 2
Ponorogo menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perencanaan sistem
manajemen mutu ISO 9001:2015 pada sasaran mutu bkk di smk pgri 2 ponorogo,
implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada sasaran mutu bkk di smk pgri
2 ponorogo, dan implikasi manajemen mutu ISO 9001:2015 pada sasaran mutu bkk di
smk pgri 2 ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Analisi data dilakukan dengan cara mencari dan menyusun secara sistematis data-data
yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi data. Analisis data penelitian
kualitatif ini melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam perencanaan sistem manajemen
ISO9001:2015 yaitu analisi gap, penyusunan kebijakan mutu, penyusunan prosedur dan
dokumentasi, serta pelatihan staf. 2) Implementasi sistem manajemen mutu ISO
9001:2015 untuk mencapai sasaran mutu bkk di smk pgri 2 Ponorogo yaitu Para guru dan
staff SMK PGRI 2 Ponorogo telah berupaya untuk menyediakan fasilitas praktik sesuai
ISO 9001:2015 kemudian para pengguna tinggal menjalankan ISO tersebut sesuai dengan
arahan dan standar administrasi pada umumnya sehingga ada keuntungan yang diperoleh
namun juga terdapat beberapa kesulitan dalam memaksimalkan ISO tersebut. 3) Implikasi
sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada pencapai sasaran mutu bkk di smk pgri 2
Ponorogo memberikan banyak pengaruh terhadap standar mutu pendidikan di smk pgri 2
sehingga banyak sumber daya manusia yang tersedap dalam dunia industri. Hal ini
didasari dengan peningkatan kesadaran staf mengenai pentingnya kualitas
pendidikan, peningkatan efisiensi operasional, peningkatan kepuasan pelanggan
dan reputasi sekolah, serta meningkatkan kinerja sekolah dalam memenuhi
persyaratan internasional. ISO 9001:2015, bekerjasama dengan PT TUV NORD
Indonesia KAN No I-1205/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:51
Last Modified: 12 Jun 2023 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24163

Actions (login required)

View Item View Item