Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas 4 SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo

Ayu Irawati, Diah (2023) Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas 4 SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190224_DIAH AYU IRAWATI_PGMI ETHESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Irawati, Diah Ayu. 2023. Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas 4 SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Menulis; Narasi; Media Gambar Seri

Kemampuan menulis teks naratif bagi siswa penting dalam mengembangkan keterampilan menulis kreatif melalui bahasa tulis. Menulis teks naratif untuk siswa kelas 4 SD dapat mengembangkan imajinasinya dengan melihat objek tertentu atau dengan bantuan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa membuat teks narasi adalah media gambar seri. Media gambar berseri adalah penggunaan gambar-gambar peristiwa bersambung dari waktu ke waktu untuk menjelaskan rangkaian peristiwa cerita.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks narasi melalui media gambar seri siswa kelas 4 SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo. (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi melalui media gambar seri siswa kelas 4 SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Maret setelah melakukan seminar proposal. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran menulis teks narasi siswa SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo kelas 4 melalui media gambar seri berjalan dengan baik, menunjukkan keaktifan belajar mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, sehingga terjadi interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran. Kelebihan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran adalah dapat memudahkan siswa dalam mengungkapkan ide dalam bentuk kalimat, dan kualitas gambarnya jelas, kekurangannya adalah ukuran gambarnya yang tidak terlalu besar. (2) kemampuan menulis teks narasi melalui media gambar seri siswa SDN Wilangan, Sambit, Ponorogo kelas 4 sudah mampu menyusun cerita dengan kalimat yang mudah dipahami, menggabungkan satu paragraf dengan paragraf lainnya dalam rangkaian gambar sehingga alur cerita menjadi padu. Namun dalam hal menulis siswa tetap harus memperhatikan ejaan tulisan, penggunaan huruf kapital, dan penempatan tanda baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:47
Last Modified: 12 Jun 2023 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24155

Actions (login required)

View Item View Item