Pengaruh Minat Dan Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Al-Qur'an Hadits Pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Qomariyah, Nurul (2023) Pengaruh Minat Dan Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Al-Qur'an Hadits Pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_201190220_NURUL QOMARIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qomariyah, Nurul. 2023. Pengaruh Minat dan Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran terhadap Keaktifan Belajar Al-Qur’an Hadits pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Minat, Video Sebagai Media Pembelajaran, Keaktifan Belajar Al-Qur’an Hadits

Keaktifan belajar merupakan prinsip utama dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar adalah salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi peserta didik untuk belajar. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran ini memerlukan keaktifan peserta didik, demikian halnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa 25 % peserta didik yang belum terlibat secara aktif dalam mempelajari mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini penting dilakukan karena dengan adanya keaktifan belajar dapat menghasilkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik. Faktor yang memiliki peranan penting terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits adalah minat dan penggunaan video sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan signifikansi pengaruh minat terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023; (2) mendeskripsikan signifikansi pengaruh penggunaan video sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan signifikansi pengaruh minat dan penggunaan video sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 peserta didik, dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 47 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.0.
Berdasarkan hasil data ditemukan bahwa: (1) Minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dengan prosentase sebesar 24,5%; (2) Penggunaan video sebagai media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dengan prosentase sebesar 12,5%; (3) Minat dan penggunaan video sebagai media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dengan prosentase sebesar 25,0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:44
Last Modified: 12 Jun 2023 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item View Item