MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Istiqomah, Magfirotul (2023) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210060_MAGFIROTUL ISTIQOMAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mutu lulusan madrasah diniyah yang perlu untuk ditingkatkan dan dimaksimalkan supaya berkualitas baik dari sisi potensi akademik maupun sosial dan spiritualnya. Peningkatan mutu lulusan dapat dipengaruhi salah satunya dari aspek manajemen kurikulum lembaga tersebut. Manajemen kurikulum memegang peranan yang sangat penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu atau berkualitas. Manajemen kurikulum perlu dikoordinasi oleh pihak pimpinan lembaga dan pembantu pimpinan yang disesuaikan dengan visi dan misi lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih mendalam tentang manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi kurikulum di Madrasah Diniyah Miftahul Huda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini: Pertama, perencanaan kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan mempertimbangkan terlebih dahulu aspek-aspek yang berkaitan dengan kurikulum, yaitu penentuan tujuan kurikulum, isi kurikulum, dan metode yang diterapkan. Kedua, pengorganisasian kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan tahapan menentukan perincian materi pelajaran, pembagian materi pelajaran berdasarkan jenjang, penyusunan jadwal dan penetapan guru pengampu pelajaran. Ketiga, pelaksanaan kurikulum di Madrasah Miftahul Huda ini meliputi dua kegiatan pokok, yaitu pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan program melalui diklat atau praktikum yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Keempat, evaluasi kurikulum di Madrasah Miftahul Huda dilaksanakan dengan dua tahapan yakni evaluasi pelaksanaan kurikulum dan perbaikan program. Evaluasi pelaksanaan kurikulum ini dilaksanakan satu kali selama satu tahun, yaitu pada setiap awal tahun ajaran baru dalam bentuk pengkategorian kelulusan santri yang terbagi menjadi dua, yaitu lulus mumtaz dan lulus tamm. Sedangkan perbaikan program melalui pelaksanaan ujian membaca kitab Fathul Qarib bagi santri kelas 5 dan 6.

Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Mutu Lulusan, Madrasah Diniyah

ABSTRACT

This research is motivated by the quality of madrasah diniyah graduates who need to be improved and maximized so that they are of good quality in terms of their academic potential as well as social and spiritual. Improving the quality of graduates can be influenced by aspects of the institution's curriculum management. Curriculum management plays a very important role in realizing quality or quality schools. Curriculum management needs to be coordinated by the head of the institution and assistant leaders according to the vision and mission of the educational institution concerned.
This study aims to examine more deeply about curriculum management in improving the quality of graduates at Madrasah Diniyah Miftahul Huda which includes planning, organizing, implementing and evaluating curriculum at Madrasah Diniyah Miftahul Huda.
This research uses a type of field research using a qualitative approach. As for the data collection techniques through interviews, observation, and documentation.
The results of this study: First, curriculum planning at Madrasah Miftahul Huda is carried out by first considering aspects related to the curriculum, namely determining curriculum objectives, curriculum content, and the methods applied. Second, the organization of the curriculum at Madrasah Miftahul Huda is carried out with the stages of determining the details of the subject matter, dividing the subject matter by level, preparing the schedule and determining the teaching teacher. Third, the implementation of the curriculum at Madrasah Miftahul Huda includes two main activities, namely the implementation of learning and program development through training or practicum conducted outside of class hours. Fourth, curriculum evaluation at Madrasah Miftahul Huda is carried out in two stages, namely evaluation of curriculum implementation and program improvement. Evaluation of the implementation of this curriculum is carried out once a year, namely at the beginning of each new school year in the form of categorizing students' graduation which is divided into two, namely graduating mumtaz and graduating tamm. While improving the program through carrying out exams reading the book of Fathul Qarib for students in grades 5 and 6.

Keywords: Management, Curriculum, Quality of Graduates, Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:43
Last Modified: 12 Jun 2023 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24152

Actions (login required)

View Item View Item