Komparasi Pemahaman Konsep Materi IPS Menggunakan Pembelajaran Take and Give Berbantuan Lembar Informasi Pada Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023

Kharimah, Dinar Fajariyatul (2023) Komparasi Pemahaman Konsep Materi IPS Menggunakan Pembelajaran Take and Give Berbantuan Lembar Informasi Pada Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190139_DINAR FAJARIYATUL KHARIMAH_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kharimah, Dinar Fajariyatul. 2023. Komparasi Pemahaman Konsep Materi IPS Menggunakan Take and Give Berbantuan Lembar Informasi pada Siswa Kelas V di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep IPS, Pembelajaran Take and Give.

Proses pembelajaran di sekolah dasar merupakan kerangka untuk melihat berbagai hal, termasuk anak sebagai subjek pembelajaran dan instruktur sebagai fasilitator pembelajaran. Dari hasil observasi yang diambil di MI Miftahul Huda Sukolilo permasalahan pada saat pembelajaran di kelas V adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan sehingga motivasi siswa untuk belajar kurang sehingga berpengaruh pada hasil pemahaman konsep siswa. Akibatnya, kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman konsep ini dikarenakan peserta didik kurang mampu menjelaskan atau menuangkan kembali konsep yang mereka dapatkan dan juga kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang akan kemampuan pemahaman konsep. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran take and give.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pemahaman konsep materi IPS siswa kelas V yang menggunakan pembelajaran take and give di MI Miftahul Huda Sukolilo, (2) untuk mengetahui pemahaman konsep materi IPS siswa kelas V yang menggunakan pembelajaran ceramah di MI Miftahul Huda Sukolilo, (3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pemahaman konsep materi IPS siswa kelas V antara yang menggunakan pembelajaran take and give dan yang menggunakan pembelajaran ceramah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasi yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Sukolilo Jiwan Madiun. Teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Adapun sampel berjumlah 48 siswa terdiri dari kelas VA dan kelas VB.
Hasil penelitian adalah: (1) Hasil pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran take and give memiliki nilai tinggi 17%, nilai sedang 62%, dan nilai di rendah 21% (2) Hasil pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran ceramah memiliki presentase nilai tinggi 13%, nilai sedang 75%, dan nilai rendah 12% (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara data hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran take and give dan pembelajaran ceramah pada pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:41
Last Modified: 12 Jun 2023 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item