Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas VI di SD Negeri 2 Tonatan Tahun Pelajaran 2022/2023

Sa'adah, Nelly (2023) Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Kelas VI di SD Negeri 2 Tonatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190165_NELLY SA'ADAH_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sa’adah, Nelly. 2023. Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 di Kelas VI SD Negeri 2 Tonatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing: Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Soal. Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Sekolah Dasar adalah tingkat sekolah yang menggunakan pembelajaran dengan taraf rendah dengan uji soal-soal mudah sehingga siswa tidak memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berpikir tingkat tinggi atau bisa di sebut berpikir kritis pada siswa Sekolah Dasar dapat diketahui melalui cara berpikir kritis, berpikir logis, kreatif dan pengambilan keputusan. Sehingga perlu adanya pengembangan soal yang menerapkan sistem higher order thinking skill untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan soal berbasis HOTS pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas VI SD Negeri 2 Tonatan, dan untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan soal berbasis HOTS pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas VI SD Negeri 2 Tonatan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah angket validasi dan angket tanggapan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) soal berbasis HOTS yang diterapkan pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 yang meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn dan IPS dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. 2) soal yang dikembangkan dinyatakan layak dengan rata-rata presentse di atas 81% dari ahli materi dan respon siswa dengan kategori layak digunakan. Tingkat kelayakan soal berbasis HOTS dilihat dari indeks masisng-masing item soal sesuai dengan kriteria, kualitas intrumen tes dapat diketahui bahwa soal berbasis HOTS layak digunakan dengan prestase kelayakan yang ahli materi berikan cenderung lebih besar dari 61% dan dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:40
Last Modified: 12 Jun 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24150

Actions (login required)

View Item View Item