Penanaman Sikap Toleransi Beragama Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 84 Jakarta Utara

Putri Ariyani, Isna (2023) Penanaman Sikap Toleransi Beragama Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMP Negeri 84 Jakarta Utara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190112_Isna Putri Ariyani_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ariyani, Isna Putri, 2023. Penanaman Sikap Toleransi Beragama dalam Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 84 Jakarta Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dedi Hasnawan M,Pd.
Kata Kunci : Penanaman, Sikap, Toleransi Beragama.
Toleransi Beragama merupakan bekal sosial yang sangat penting dalam kehidupan dimasyarakat terlebih di Indonesia yang merupakan negara yang mengakui adanya enam agama secara resmi. Menerima perbedaan agama yang ada ditengah kehidupan kita merupakan hal yang harus kita lakukan, terutama dalam lingkungan sekolah dimana sekolah menjadi tiang ilmu utama dalam kehidupan dan merupakan bekal contoh dalam hidup bermasyarakat. Seperti halnya di SMP Negeri 84 Jakarta Utara toleransi beragama adalah hal yang penting dan selalu ditanamkan didalam lingkungan sekolah, toleransi beragama tersebut ditanamkan melalui kegiatan keagamaan yang dilakukan pihak sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penanaman Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 84 Jakarta Utara, (2) Kegiatan Keagamaan yang dilakukan SMP Negeri 84 Jakarta Utara, (3) Kendala dalam Penanaman Sikap Toleransi Beragama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini : (1) Penanaman Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 84 Jakarta Utara dilakukan dengan Memberikan contoh sikap keteladanan dari kepala sekolah dan antar guru kepada siswa/i untuk menerapkan sikap toleransi dan Pelaksanaan kegiatan keagamaan, (2) Kegiatan Kegamaan yang dilakukan sekolah untuk mendorong Penanaman Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 84 Jakarta Utara, yaitu melakukan kegiatan keagamaan rutin disetiap hari jumat dimana agama Islam melakukan pembacaan Al Quran bersama, sedangkan umat Kristen melakukan Ibadah Saat Teduh di tempat yang sudah disediakan pihak sekolah dan Sekolah memfasilitasi, mendukung serta menghadiri segala bentuk acara keagamaan dimasing – masing agama, (3) tidak ditemukan dan dirasakan kendala yang dialami warga sekolah dikarenakan faktor pendukung yang diberikan pihak sekolah sangat mendorong terciptanya toleransi beragama dilingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:39
Last Modified: 12 Jun 2023 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item