Stimulasi Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Handicraft Dengan Kertas Origami Di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo

Aini, Dwi Nur (2023) Stimulasi Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Handicraft Dengan Kertas Origami Di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205190045_Dwi Nur Aini_Piaud.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
AINI, DWI NUR. 2023. Stimulasi Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Handicraft Dengan Kertas Origami Di TK PGRI 1 Ngilo-IloSlahung Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Stimulasi, Pengembangan Fisik Motorik Halus, Handicraft Origami.

Fisik motorik halus merupakan suatu keterampilan yang melibatkan otot-otot halus pada tangan dan kerjasama antara tangan, otak dan mata secara bersamaan. Pengembangan motorik halus sangat penting dikembangkan sejak dini karena kemampuan motorik halus anak sangat berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menulis, membaca dan perkembangan anak usia dini lainnya. Fakta yang diperoleh bahwa peserta didik di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo terdapat sebagian anak cukup baik perkembangan fisik motorik halusnya. Beberapa anak memiliki perkembangan fisik motorik halus yang kurang.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo; 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo; 3) untuk mengetahui capaian perkembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo.
Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data sesuai yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Perolehan dari analisis data, peneliti lalu menyimpulkan sebagai berikut : (1) stimulasi pengembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami dilakukan dengan cara kegiatan mengganyam, origami bentuk kapal laut, pesawat terbang, meronce bunga dan menempel; (2) faktor eksternal dan internal dalam kegiatan menstimulus perkembangan fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami, untuk eksternal adalah keturunan atau gen, makanan sehat bergizi, masa sebelum melahirkan, kecerdasan, dan kesehatan diri anak sedangkan faktor internal adalah pola asuh, kesehatan, perbedaan tradisi, jenis kelamin dan (3) capaian handicraft kertas origami terlihat anak melalui proses menggambar sesuai gagasan, menirukan bentuk, megang alat tulis dengan benar, menggunting, menempel dan menunjukan diri dengan gerakan. Berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak melalui kegiatan handicraft dengan kertas origami untuk meningkatkan perkembangan motorik halus di TK PGRI 1 Ngilo-Ilo Slahung Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:37
Last Modified: 12 Jun 2023 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item