Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 3 Madiun

Hanafiyah, Hilma (2023) Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190032_HILMA HANAFIYAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanafiyah, Hilma, 2023. Manajemen Program Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M. Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Program Kesiswaan, Mutu Lulusan
Pendidikan merupakan norma dan bekal bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam kehidupan bernegara, kualitas sebuah bangsa akan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Secara tidak langsung, pendidikan berimplikasi positif terhadap kelangsungan hidup suatu bangsa dan keadaan suatu negara pada masa depan tidak luput dari pengaruh pelaksanaan pendidikan yang dilakukan. Namun, pada kenyataannya kualitas pendidikan di Indonesia pada saat ini sangatlah memperihatinkan. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa masalah dalam sistem pendidikan Indonesia yang mengakibatkan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Dari berbagai problematika kualitas serta mutu pendidikan Indonesia di atas, maka penerapan manajemen kesiswaan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta mutu lulusan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Dengan penerapan manajemen kesiswaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan, sehingga nantinya lembaga pendidikan dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program kesiswaan dalam meningkatn mutu lulusan. (2) Pelaksanaan program kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan. (3) Evaluasi program kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, perencanaan program kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Madiun dilakukan dengan: a) membuat tim perencanaan penyusunan program kesiswaan b) melakukan penyusunan rencana program oleh waka kesiswaan dan para pembina c) menetapkan program kesiswaan d) tindak lanjut pelaksanaan program. Kedua, pelaksanaan program kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Madiun dilakukan melalui: a) pelaksanaan PPDB b) pelaksanaan MATSAMA c) pelaksanaan program ekstrakurikuler dan program keterampilan, dan d) pembinaan, yaitu pembinaan disiplin, pembinaan akademik, dan pembinaan non akademik. Ketiga, evaluasi program kesiswaan dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN 3 Madiun dilakukan dengan: a) evaluasi pada pelaksanaan program kesiswaan dilakukan setiap 1 tahun sekali, 1 bulan sekali dan juga dilakukan setiap selesai pelaksanaan program b) evaluasi dilakukan oleh tim khusus, yaitu pembina dan wakil kepala bidang kesiswaan c) evaluasi dilakukan pada saat rapat dan koordinasi bersama dengan kepala madrasah untuk menindak lanjuti program dan peningkatan program-program berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:36
Last Modified: 19 Jun 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24144

Actions (login required)

View Item View Item