Analisis Framing Pemberitaan Fenomena Citayam Fashion Week di Media Online Republika.co.id dan VIVA.co.id ( Analisis Framing Model Robert N. Entmant)

Andriyani, Tiya (2023) Analisis Framing Pemberitaan Fenomena Citayam Fashion Week di Media Online Republika.co.id dan VIVA.co.id ( Analisis Framing Model Robert N. Entmant). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ethesis Tiya Andriyani (1)-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media online adalah alat untuk mendapatkan informasi atau berita bagi
masyarakat di era teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini. Penelitian ini
meneliti dan membahas mengenai bagaimana media online Republika.co.id dan
VIVA.co.id menganalisis framing berdasarkan struktur wacana framing model
Robert. N. Entmant dalam pemberitaan “Fenomena Citayam Fashion Week”
Kedua media online dipilih sebab kedua media tersebut merupakan media yang terkenal dan memiliki kredibilitas berita yang tinggi serta memiliki ideologi yang
berbeda.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
kedua media dalam mengkontruksi dan membingkai terkait fenomena Citayam
Fashion Week menggunakan elemen framing Robert N. Entmant. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif-komparatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis framing model Robert N. Entmant.
Hasil dari penelitian ini adalah adalah pada elemen Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation, yang disajikan dan dipaparkan oleh media online Republika.co.id adalah cenderung
menulis dan menonjolkan dari statement atau pandangan, pendapat dan aksi yang
dilakukan oleh narasumber Republika.co.id itu sendiri. Republika.co.id dalam
memberitakan terkait fenomena Citayam Fashion Week disatu sisi mengontruksi
dan membingkai berita dengan menampilkan hal-hal yang pro terhadap fenomena tersebut dan disatu sisi yang lain mengontruksi dan membingkai berita berdasarkan hal-hal yang kontra terhadap fenomena Citayam Fashion Week.
Selanjutnya pada elemen Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation, yang disajikan dan dipaparkan oleh media online VIVA.co.id cenderung menuliskannya dengan hal-hal yang kontra terhadap fenomena Citayam Fashion Week, sehingga dapat diketahui kontruksi dan pembingkaian yang dilakukan oleh media online VIVA.co.id cenderung memberitakan berita yang kontra terhadap fenomena Citayam Fashion Week tersebut dan hanya beberapa berita saja yang pro terhadap fenomena tersebut.
Selanjutnya untuk perbandingan framing dari kedua media adalah jika dilihat
melalui kepenulisan berita, Republika.co.id cenderung untuk mengulang-ulang berita dengan headline yang berbeda namun secara subtansi atau isinya tetap memiliki makna maupun tujuan yang sama, sedangkan pada media VIVA.co.id penulisan beritanya cenderung menuliskan dengan detail dan ringkas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:34
Last Modified: 12 Jun 2023 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24140

Actions (login required)

View Item View Item