Tinjauan Maslahah Terhadap Larangan Nikah Lusan Besan Di Mangunsuman Siman Ponorogo

Salamah, Mar atus (2023) Tinjauan Maslahah Terhadap Larangan Nikah Lusan Besan Di Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
101180073_MAR ATUS SALAMAH_HUKUM KELUARGA ISLAM-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salamah, Mar atus.2023.Tinjauan Mas{lah{ah terhadap Larangan Nikah Lusan Besan (Studi Kasus di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi.Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Fuadi Abdullah, M.A.

Kata Kunci/ keywords: Pernikahan, Larangan Pernikahan, Mas{lah{ah

Pernikahan adalah sebuah ikatan lahir batin dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia. Dalam masyarakat Jawa terdapat berbagai macam tradisi perkawinan. Seperti yang terjadi di Desa Mangunsumanyang masih menjalankan tradisi dari nenek moyang mereka yaitu larangan anak pertama menikah dengan anak ketiga dan keluarganya masih menikahkan anak pertama kali dan ketiga kalinya. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap tradisi larangan pernikahan lusan besan dan juga untuk mengetahui jika ditinjau dari mas{lah{ah tentang larangan nikah lusan besan. Focus pembahasan dalam penelitian ini adalah mengenai tinjauan mas{lah{ah terhadap larangan nikah lusan besan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah terhadap praktek larangan nikah lusan besan di Desa Mangunsuman Siman Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah terhadap alasan kepercayaan larangan nikah lusan besan di Desa Mangunsuman Siman Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiaan lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Mangunsuman Siman Ponorogo.sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan wawancara.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1)Tinjauan mas{lah{ah terhadap praktek larangan nikah lusan besan di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo termasuk mas{lah{ah mulghah, karena bertentangan dengan shara’ sekaligus ada sisi kemusyrikan dan praktek larangan nikah lusan besan tersebut tidak di jelaskan dalam larangan-larangan perkawinan yang sesuai dengan syariat hukum islam. (2)Tinjauan mas{lah{ah terhadap alasan kepercayaan masyarakat tentang larangan pernikahan di Desa Mangunsuman Siman Ponorogo termasuk mas{lah{ah mulghah, yaitu mas{lah{ah yang ditolak, dianggap tidak baik oleh akal mereka juga takut dengan akibat yang akan ditimbulkan. Maka tradisi ini, tidaklah logis dan tidak bisa diterima oleh akal sehat. Meskipun tradisi ini telah dilakukan terus menerus dan sudah melekat dengan jiwa masyarakat desa Mangunsuman akan tetapi hal tersebut bertentangan dengan syariat islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fuady Abdullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:32
Last Modified: 12 Jun 2023 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item View Item