..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ma'arif Paatihan Wetan

Fitriani, Anissa Nur (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ma'arif Paatihan Wetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190014_Anissa Nur Fitriani_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Fitriani, Anissa. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di MI Ma’arif Patihan Wetan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar Peserta Didik

Proses pembelajaran di MI Ma’arif Patihan Wetan masih banyak peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kebanyakan dari peserta didik melakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar antara lain ngobrol dengan teman satu bangku, berlarian di dalam kelas, dan kurangnya konsentrasi pada mata pelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru yang masih belum bisa membuat peserta didik merasa tertarik bahkan cenderung membosankan. Pemilihan model pembelajaran penting dilakukan karena semakin baik penggunaan model tersebut akan berdampak baik pada keberlangsungan pembelajaran terutama keaktifan belajar. Hal ini sejalan dengan pendapat Menurut Madonara bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik yaitu faktor sosial atau pendekatan. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggunakanmedia atau metode pembelajaran yang tepat sehingga membuat peserta didik merasa jenuh dan pasif. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti untuk masalah tersebut adalah menggunakan model TGT berbantuan media krtu domino untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media kartu domino untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, (2) pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kartu Domino Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik, dan (3) efektif atau tidak model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kartu Domino Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas 5 di MI Ma’arif Patihan Wetan Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitiannya seluruh peserta didik kelas 5 MI Ma’arif Patihan Wetan yang berjumlah 58 peserta didik, yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh teknik yang menggunakan semua anggota populasinya menjadi sampel, karena populasi setiap kelasnya sekitar 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dijadikan pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T jenis Independent sample t-test dan menggunakan uji N-Gain uji ini berfungsi untuk mengetahui keefektivan model Temas Games Tournament (TGT) dengan bantuan media kartu domino terhadap keaktifan belajar peserta didik
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh keaktifan belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media kartu domino dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dibuktikan dengan nilai signifikansi pada posttest menunjukkan hasil 0,035 <0,05 dan dikuat kan dengan hasil perhitungan angket sebesar 0,000 <0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran TGT berbantuan media kartu domino dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan pada hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT efektif digunakan untuk pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 0,63.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:29
Last Modified: 12 Jun 2023 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24120

Actions (login required)

View Item View Item