STUDI KOMPARASI KONSEP KUALITAS PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KITAB ĀDĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BIDĀYAH AL-HIDĀYAH

RAMADHAN, IQBAL KHOIRUL (2023) STUDI KOMPARASI KONSEP KUALITAS PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KITAB ĀDĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BIDĀYAH AL-HIDĀYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ramadhan, Iqbal Khoirul. 2023. Studi Komparasi Konsep Kualitas Pendidik dalam Pendidikan Islam Perspektif Kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dan Bidāyah al-Hidāyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: kualitas pendidik, pendidikan islam, Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim, Bidāyah al-Hidāyah
Pendidik yang berkualitas dibutuhkan dalam menyukseskan pemahaman keilmuan agama islam yang meliputi bakat, minat, panggilan jiwa, idealisme, komitmen meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, akhlak mulia, melayani masyarakat sepanjang hayat. Namun, belakangan ini banyak di jumpai para pendidik yang mengalami krisis etika dan moral, bertindak tidak senonoh terhadap anak didiknya karena kurangnya pemahaman akan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik yang mulia menjadi penyebabnya. Sebuah karya monumental yaitu kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim karya ulama’ nusantara K.H. Hasyim Asyari, dan kitab Bidāyah al-Hidāyah karya Hujjatul Islam Imam Abu Hamid al-Ghazali yang masih melekat dalam pendidikan pesantren ataupun formal menawarkan kualitas seorang pendidik dalam pendidikan islam yang mengacu pada religious ethic.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) konsep kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim; 2) konsep kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Bidāyah al-Hidāyah; dan 3) persamaan dan perbedaan kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dan Bidāyah al-Hidāyah.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif jenis kepustakaan (library research). Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis atau analisis isi dan analisis komparatif.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) konsep kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim meliputi bertanggung jawab dengan selalu muraqabah kepada Allah Swt., tenang, berwibawa, ikhlas, tawadhu’, bertakwa, kasih sayang kepada peserta didik, tekun, teladan, tidak suka bergurau, berwawasan luas; 2) konsep kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Bidāyah al-Hidāyah meliputi bertanggung jawab, penyabar, berwibawa, tenang, rendah hati, tidak sombong, tidak suka bergurau, ramah, menerima argumen, selalu memperbaiki ketaqwaan; 3) persamaan kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dan Bidāyah al-Hidāyah, pendidik hendaknya muraqabah kepada Allah Swt., tanggung jawab, tawadhu’, penyabar, berwibawa, bertakwa, tidak suka bergurau, lemah lembut dan kasih sayang kepada muridnya, menjawab saya tidak tahu atas hal yang tidak dimengerti. Perbedaan kualitas pendidik dalam pendidikan Islam perspektif kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim dan Bidāyah al-Hidāyah, menurut K.H. Hasyim Asy’ari pendidik tidak menjadikan ilmunya sebagai tangga untuk memperoleh keuntungan duniawi seperti memperoleh jabatan, pangkat, harta, popularitas, pujian ataupun keunggulan. Sedangkan Imam al-Ghazali pendidik harus mencontoh Rasulullah Saw. dalam mengajar, menurut K.H. Hasyim Asy’ari pendidik mendahulukan pelajaran tafsir, hadits, ushuludin, ushul fiqih, kitab madzhab, nahwu, kitab raqa’iq. Sedangkan menurut Imam al-Ghazali pendidik mendahulukan ilmu yang fardlu ‘ain dan fardlu kifayah. Selain itu, kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim mencakup lebih luas dan spesifik mengenai kepribadian pendidik kepada diri sendiri, kepada peserta didik, dan saat mengajar. Sedangkan dalam kitab Bidāyah al-Hidāyah menjelaskan bahwa kepribadian seorang pendidik lebih terfokuskan hanya kepada diri peserta didik sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WAHID HARIYANTO
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:27
Last Modified: 12 Jun 2023 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item