Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah Kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo

Aisa, Ana (2023) Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah Kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ANA AISA 201180025 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, percaya diri merupakan sifat yang harus ada pada seorang siswa. Siswa yang memiliki rasa percaya diri dapat dengan mudah berinteraksi dengan siswa lainnya. Mereka mampu mengeluarkan pendapat tanpa keraguan, mampu bertindak, berpikir positif dan menghargai pendapat orang lain. Rasa percaya diri yang tinggi dapat membantu siswa mencapai prestasi dan hasil belajar yang lebih baik. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah, salah satunya yaitu siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Hal ini dapat terjadi karena siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Pada saat guru mengajukan pertanyaan, mereka cenderung diam dan menutup diri, mereka tidak berani mengajukan pendapatnya kepada guru ataupun kelompok. Ketika diminta maju untuk tampil di depan kelas, mereka terlihat gugup dan cemas. Hal ini menunjukkan bahwa banyak dari mereka tidak percaya dengan kemampuan yang dimiliki.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo, (2) Mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran snowball throwing terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo yang berjumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan metode snowball throwing pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo berjalan secara efektif dan efisien. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus ke I mencapai angka 62%, dan meningkat pada siklus ke II dengan presentase mencapai angka 88%. Metode ini juga terbukti mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hasil observasi kepercayaan diri siswa pada siklus I berada di persentase 68% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:21
Last Modified: 12 Jun 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item View Item